TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wali Kota Paris Anugerahi Atlet Ukraina Penghargaan Tertinggi 

Atlet Ukraina terima Grand Vermeil Medal

Ilustrasi bendera Prancis. (unsplash.com/Rafael Garcin)

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Paris, Anne Hidalgo, menganugerahkan Grand Vermeil Medal kepada atlet Olimpiade Ukraina pada Kamis (1/8/2024). Penghargaan tertinggi kota Paris ini diberikan sebagai bentuk solidaritas terhadap Ukraina di tengah Olimpiade 2024.

Acara penganugerahan digelar di Balai Kota Paris dan dihadiri oleh sekitar 30 atlet Ukraina.

"Saya dapat membayangkan kesedihan dan kebanggaan kalian hari ini. Kesedihan karena negara kalian masih diserang, dan dalam perang banyak teman serta kerabat kalian berada di garis depan dan bertempur," ujar Hidalgo.

1. Penghormatan kepada atlet di tengah konflik

Dua atlet Ukraina, Anastasiia Kozhenkova dari cabang dayung dan Oleksii Sereda dari loncat indah, menerima medali atas nama seluruh atlet Ukraina. Kozhenkova merupakan peraih medali emas Olimpiade 2012 di nomor dayung empat, sementara Sereda baru saja finis di posisi kelima pada final loncat indah sinkronisasi 10 meter.

Acara dimulai dengan mengheningkan cipta untuk menghormati korban perang Rusia. Para atlet Ukraina berdiri diam, kebanyakan menundukkan kepala. Layar di atas panggung menampilkan foto-foto pelatih dan atlet yang tewas selama dua tahun terakhir, yang disebut sebagai "tim surga".

Menteri Olahraga Ukraina, Matvii Bidnyi, turut hadir dan menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Prancis kepada atlet Ukraina.

"Ukraina telah bertahan selama dua setengah tahun ini dan bendera Ukraina berkibar selama Olimpiade ini," ujar Bidnyi, dikutip dari TVP World.

Baca Juga: Ukraina Klaim Berhasil Jatuhkan 89 Drone Rusia

2. Ukraina kirim 140 atlet untuk Olimpiade Paris

Delegasi Olimpiade Ukraina tahun ini berjumlah 140 atlet. Sejauh ini, Ukraina telah memenangkan dua medali Olimpiade 2024, termasuk perunggu di nomor anggar sabel perorangan putri dan perak di nomor menembak rifle 50 meter putra. Jumlah ini masih jauh dari pencapaian mereka pada Olimpiade Tokyo sebelumnya, di mana Ukraina berhasil meraih 19 medali.

Meski demikian, para atlet Ukraina tetap merasa bangga dapat mewakili negaranya.

"Saat ini, bagi negara kami, fakta bahwa kami ada di sini, bahwa tim berpartisipasi, bahwa kami mewakili negara kami, sudah merupakan kemenangan," ujar Kateryna Dudchenko, atlet dayung Ukraina. 

Dukungan Prancis juga terlihat dengan dibukanya Rumah Ukraina pertama di Paris selama Olimpiade 2024. 

Verified Writer

Leo Manik

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya