TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Serikat Pekerja Otomotif Dukung Kamala Harris dalam Pilpres AS 2024

Dukungan UAW perkuat posisi Harris di Michigan

Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris. (twitter.com/@KamalaHarris)

Jakarta, IDN Times - United Auto Workers (UAW), serikat pekerja otomotif terbesar di Amerika Serikat (AS), secara resmi memberikan dukungannya kepada Wakil Presiden Kamala Harris sebagai calon presiden AS.

Melansir The Guardian, keputusan ini diumumkan pada Rabu (31/7/2024) dan memberikan dorongan signifikan bagi kampanye Harris di negara bagian kunci Michigan.

Dengan sekitar 370 ribu anggota yang tersebar di beberapa negara bagian penting, termasuk Michigan dan Wisconsin, dukungan UAW dipandang sebagai kekuatan politik yang substansial. Langkah ini diyakini akan memberikan "amunisi" bagi Harris dalam menghadapi persaingan ketat melawan mantan Presiden Donald Trump di pemilihan November mendatang.

1. UAW yakin Harris akan bela hak pekerja

Presiden UAW, Shawn Fain, memuji rekam jejak Harris dalam mendukung kelas pekerja. Fain menyatakan bahwa Harris akan berdiri bahu-membahu dengan mereka dalam perang melawan keserakahan perusahaan.

Dukungan ini datang setelah dewan eksekutif UAW melakukan pemungutan suara untuk mendukung Harris. Sebelumnya, pada Januari lalu, UAW telah mendukung pencalonan kembali Presiden Joe Biden. Namun, setelah Biden menarik diri dari pemilihan pada 21 Juli 2024, serikat pekerja ini beralih mendukung Harris.

"Kita bisa menempatkan seorang miliarder kembali ke kantor yang bertentangan dengan segala sesuatu yang diperjuangkan serikat pekerja kita, atau kita bisa memilih Kamala Harris," ujar Fain, dikutip dari Associated Press

Baca Juga: Megawati Dukung Kamala Harris Berlaga di Pilpres Amerika Serikat

2. Harapan UAW untuk Kamala Harris

Dilansir dari New York Times, UAW sempat menunda keputusannya untuk medukung Harris. Sebelumnya, mereka mempertanyakan kebijakan Biden terhadap Israel selama perang di Gaza.

UAW bahkan bergabung dalam koalisi serikat pekerja yang mendesak Biden menghentikan bantuan militer ke Israel. Mereka secara resmi menyerukan gencatan senjata di Gaza pada Desember lalu.

Sumber yang familiar dengan diskusi dewan UAW mengungkapkan bahwa serikat pekerja ini berharap bahwa Harris memahami pentingnya melanjutkan agenda investasi dalam pekerjaan manufaktur AS.

Selain itu, UAW juga menginginkan Harris lebih vokal tentang kebutuhan untuk mengakhiri perang di Gaza dan menambahkan persyaratan pada bantuan AS ke Israel.

Verified Writer

Leo Manik

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya