TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jerman Permudah Masuknya Pekerja Terampil dari Uzbekistan

Jerman-Uzbekistan teken kerja sama di berbagai bidang

Kanselir Jerman, Olaf Scholz dan Presiden Uzbekistan, Shavkat Mirziyoyev. (x.com/@president_uz)

Jakarta, IDN Times - Jerman menandatangani perjanjian migrasi dengan Uzbekistan pada Minggu (15/9/2024) di kota Samarkand, Uzbekistan. Penandatanganan dilakukan saat kunjungan Kanselir Jerman Olaf Scholz ke negara Asia Tengah tersebut.

Dilansir dari Reuters, perjanjian bilateral ini bertujuan memudahkan masuknya pekerja terampil Uzbekistan ke Jerman, terutama mereka yang bekerja di sektor kesehatan. Selain itu, kesepakatan tersebut juga akan mempercepat dan menyederhanakan proses pemulangan warga Uzbekistan yang tinggal di Jerman tanpa izin tinggal legal.

"Perjanjian yang kami tandatangani hari ini di Samarkand memudahkan pekerja terampil Uzbekistan masuk ke Jerman. Kami juga menyederhanakan proses pemulangan bagi mereka yang tidak berhak tinggal di negara kami," kata Scholz dalam unggahannya di platform X. 

1. Sekitar 13.700 warga Uzbekistan tinggal di Jerman

Menurut data kantor berita Jerman DPA, sekitar 13.700 warga negara Uzbekistan saat ini tinggal di Jerman. Sebagian besar tinggal secara legal. Namun, diperkirakan sekitar 200 orang memenuhi syarat untuk dipulangkan ke Uzbekistan.

Perjanjian migrasi ini mencakup mekanisme kerja sama untuk mengirim kembali migran yang tidak memiliki hak untuk tinggal di kedua negara. Hal ini sejalan dengan sikap pemerintah Jerman yang telah memperketat kebijakannya terhadap migrasi dalam beberapa bulan terakhir.

"Kami membawa pekerja dan tenaga terampil ke negara kami yang sangat dibutuhkan di bidang manufaktur, perdagangan kecil, keperawatan, dan banyak bidang lainnya," ujar Menteri Dalam Negeri Jerman, Nancy Faeser, dilansir dari Bloomberg

Baca Juga: Yunani Protes atas Pembatasan di Perbatasan Jerman

2. Jerman-Uzbekistan perluas kerja sama strategis

Dilansir Euronews, selain perjanjian migrasi, Scholz dan Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev juga menandatangani tujuh perjanjian lainnya. Perjanjian-perjanjian tersebut mencakup berbagai bidang, termasuk manajemen sumber daya air berkelanjutan dan kemitraan mineral kritis.

Kedua negara menandatangani deklarasi bersama tentang kerja sama yang lebih dalam mengenai bahan baku kritis, termasuk tembaga. Langkah ini bertujuan membantu membuat rantai pasokan lebih tangguh, terutama dalam menghadapi ketegangan geopolitik global.

Jerman dan Uzbekistan juga sepakat untuk bekerja sama di bidang kedokteran hewan dan peternakan. Selain itu, mereka menandatangani perjanjian kerja sama transportasi, termasuk pengembangan perjalanan kereta api berkecepatan tinggi. 

Verified Writer

Leo Manik

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya