TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Iran Pamerkan Rudal Balistik dan Drone Baru

Iran semakin yakin dengan kekuatan militernya

Bendera Iran. (Unsplash.com/Akbar Nemati)

Jakarta, IDN Times - Iran memamerkan rudal balistik baru dan drone versi terbaru dalam parade militer pada Sabtu (21/9/2024). Acara ini untuk memperingati Pekan Pertahanan Suci, yang menandai perang pada 1980-1988 dengan Irak.

Parade militer ini berlangsung saat ketegangan di Timur Tengah sedang meningkat. Iran juga dituduh oleh pemerintah Barat telah memberikan dukungan senjata kepada Rusia.

Baca Juga: AS-Inggris Khawatir soal Iran Transfer Senjata ke Rusia

1. Iran perkenalkan rudal Jihad dan drone Shahed-136B

Ilustrasi drone. (Unsplash.com/Annie Spratt)

Rudal Jihad berbahan bakar padat dirancang dan diproduksi oleh divisi kedirgantaraan Garda Revolusi Iran dan memiliki jangkauan operasional 1.000 kilometer.

Drone Shahed-136B adalah versi pembaruan dari Shahed-136, dengan fitur-fitur baru dan jangkauan operasional lebih dari 4 ribu kilometer. Shahed-136 memiliki jangkauan 2 ribu kilometer dan membawa hulu ledak seberat 50 kilogram.

Presiden Iran Masoud Pezeshkian menghadiri parade tahunan tersebut di Teheran, ia menyampaikan pidato yang memuji militer negara dan mengutuk Israel.

"Saat ini, kemampuan pertahanan dan pencegahan kita telah berkembang sedemikian rupa sehingga tidak ada satu setan pun yang berpikir untuk melakukan agresi terhadap Iran yang kita cintai," katanya, dikutip dari VOA News.

"Dengan persatuan dan kohesi di antara negara-negara Islam kita dapat menggantikannya dengan Israel yang haus darah dan suka melakukan genosida, yang tidak menunjukkan belas kasihan kepada siapa pun, wanita atau anak-anak, tua atau muda," tambahnya.

2. Rudal lain yang dipamerkan

Ilustrasi rudal. (Unsplash.com/Maciej Ruminkiewicz)

Dalam pameran ini Iran juga menampikan 19 rudal balistik. Rudal produk dalam negeri tersebut adalah dua rudal balistik jarak menengah Kheibar Shekan dan empat Sejjil, dua rudal balistik jarak menengah berbahan bakar cair Emad, tiga rudal balistik jarak menengah Khorramshahr, empat rudal balistik Haj Qasem, dua rudal balistik hipersonik jarak menengah Fattah, dan dua rudal Qadr H, dilansir dari Press TV.

Dalam beberapa tahun terakhir ahli dan insinyur militer Iran telah membuat terobosan luar biasa dalam pembuatan berbagai peralatan dalam negeri sehingga membuat angkatan bersenjatanya mandiri.

Pejabat Iran telah berulang kali menyampaikan negaranya tidak akan ragu untuk memperkuat kemampuan militernya, termasuk kekuatan misilnya, yang sepenuhnya dimaksudkan untuk pertahanan, dan kemampuan pertahanan Iran tidak akan pernah menjadi subjek negosiasi.

Ayatollah Seyyed Ali Khamenei, pemimpin tertinggi Iran telah berulang kali menyerukan upaya untuk mempertahankan dan memperluas kemampuan pertahanan.

Baca Juga: AS, Kanada, dan Australia Jatuhkan Sanksi kepada Beberapa Pejabat Iran

Verified Writer

Ifan Wijaya

A

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya