TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Warga Asing yang Tinggalkan Gaza: Perang Ini Lebih Buruk dari Bencana

Warga asing lega bisa keluar dari Gaza

protes solidaritas terhadap Palestina (unsplash.com/Iason Raissis)

Jakarta, IDN Times - Warga negara asing yang meninggalkan Jalur Gaza pada Kamis (2/11/2023) mengaku lega karena bisa lolos dari pemboman bertubi-tubi Israel.

Penyeberangan perbatasan Rafah, yang menghubungkan wilayah Gaza dan Mesir, dibuka pada Rabu (1/11/2023) untuk menerima kelompok warga negara asing pertama, yang berjumlah 596 orang menurut otoritas perbatasan wilayah tersebut.

“Ini adalah sebuah bencana, sebuah kekejaman. Sebuah bencana jika Anda ingin menyebutnya demikian. Ini bahkan lebih buruk daripada bencana besar," kata Abdullah Dahalan, salah satu dari sekitar 20 warga Australia yang diizinkan meninggalkan Gaza dalam kelompok pertama, dikutip The National.

“Saya tidak terbiasa dengan kehidupan seperti ini. Anda pergi tidur dan Anda tidak tahu apakah Anda akan bangun atau tidak. Ini sungguh situasi yang buruk, saya tidak bisa menggambarkannya,” katanya.

Setelah 345 warga negara asing dan 76 warga Palestina yang terluka dievakuasi ke Mesir pada Rabu, otoritas perbatasan Gaza mengumumkan penyeberangan Rafah akan tetap dibuka selama beberapa hari mendatang untuk memungkinkan sisa kelompok tersebut keluar.

Selain 20 warga negara Australia, warga asing yang meninggalkan Gaza antara lain warga negara Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Hongaria, Korea, dan Yordania.

Baca Juga: Nakba dan Malapetaka Dirampasnya Tanah Air Palestina

1. Banyak warga negara asing terjebak di Gaza

Banyak warga negara asing yang berada di Gaza mengunjungi anggota keluarga mereka ketika perang dimulai.

“Saya telah tinggal di AS selama 32 tahun terakhir,” kata Ali Alkoka, salah satu dari 400 warga Palestina-Amerika yang diizinkan untuk dievakuasi.

“Saya sedang mengunjungi keluarga saya ketika serangan dimulai. Serangan itu datang dari langit, dari laut, dan dari darat. 36 anggota keluarga saya meninggal, ada yang tertimpa reruntuhan bangunan dan ada pula yang tewas di jalan," cerita dia.

Mona, perempuan Palestina-Australia, telah menunggu di perbatasan Rafah di sisi Palestina selama 10 hari. Dia akhirnya diizinkan untuk dievakuasi pada Kamis.

Dia menceritakan bagaimana dia harus buru-buru meninggalkan semua barang miliknya di sebuah hotel di Gaza, tempat dia menginap saat mengunjungi keluarganya, setelah serangan udara Israel.

“Pada awal serangan, saya pindah dari Gaza ke Khan Younis. Saya tinggal 15 hari tanpa barang bawaan saya, tanpa pakaian saya, tidak ada apa-apa. Mereka mengebom sangat dekat dengan hotel dan saya meninggalkan semuanya di sana. Saya tidak dapat menjelaskannya, hal-hal ini tidak dapat Anda jelaskan. Seluruh tubuhmu gemetar,” kata Mona.

2. Krisis kemanusiaan di Gaza terus memburuk

PBB mengatakan, Jalur Gaza mengalami krisis kemanusiaan yang terus memburuk selama tiga minggu terakhir, seiring dengan meningkatnya pemboman Israel. Warga Gaza juga mengalami krisis makanan, air, pasokan medis, dan kebutuhan penting lainnya, menyusul blokade Israel terhadap bantuan yang masuk ke wilayah tersebut.

Juru bicara badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) mengatakan, stok tepung terigu yang mereka miliki hanya cukup untuk memberi makan penduduk Gaza selama seminggu, dan bahan bakar hanya cukup untuk 3-4 hari.

“Kami bahkan tidak dapat menemukan roti. Ketika berhasil menemukan roti dan mengantre untuk membelinya, Israel akan melancarkan serangan di wilayah tersebut. Bahkan saluran air pun terkena dampaknya,” kenang Alkoka.

Meskipun Israel mencabut blokade pada 21 Oktober, namun pos pemeriksaan hanya mengizinkan sejumlah kecil bantuan masuk setiap hari hingga Sabtu. Sejauh ini, baru 272 truk bantuan yang telah diizinkan masuk.

Sementara itu, ribuan ton bantuan terus berdatangan di kota Al Arish, Mesir, sekitar 45 km sebelah barat Rafah, menunggu izin untuk memasuki Gaza.

Baca Juga: Arti Semangka yang Jadi Simbol Perlawanan Bangsa Palestina 

Verified Writer

Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya