TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

UNICEF: Anak-anak Gaza Butuh Dukungan Psikologis! 

Mengalami ketakutan dan kecemasan akibat perang 

ilustrasi anak-anak di Gaza, Palestina (pixabay.com/badwanart0)

Jakarta, IDN Times - Badan anak-anak PBB (UNICEF) mengatakan bahwa anak-anak di Gaza membutuhkan dukungan psikologis dan pendidikan segera akibat perang Israel yang berlangsung di wilayah tersebut.

Dikutip oleh kantor berita Palestina WAFA, juru bicara UNICEF Kazem Abu Khalaf  mengungkapkan bahwa anak-anak di Gaza menderita kerusakan psikologis yang parah, serta diliputi ketakutan dan kecemasan akibat perang. 

Sekitar 1,9 juta orang penduduk Gaza diperkirakan telah menjadi pengungsi internal sejak dimulainya perang pada Oktober. Setengah di antaranya adalah anak-anak. Mereka telah  kehilangan rumah dan anggota keluarga mereka, serta terpaksa bertahan hidup di tengah keterbatasan air, makanan, bahan bakar dan obat-obatan. 

1. Sekitar 625 ribu anak di Gaza kehilangan akses pendidikan

Menurut pernyataan UNICEF, lebih dari 500 ribu anak di Gaza telah diidentifikasi membutuhkan dukungan kesehatan mental dan psikososial sebelum konflik Israel-Hamas kali ini. Sekarang, setiap anak telah dihadapkan pada peristiwa traumatis, sementara orang tua atau pengasuh mereka sendiri berada di bawah tekanan mental yang berat.

Abu Khalaf mengatakan bahwa sedikitnya 625 ribu anak di Gaza telah kehilangan akses pendidikan sejak perang meletus. Beberapa anak juga terpaksa menjalani amputasi dan harus bepergian ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan.

Baca Juga: PM Belanda Telepon Netanyahu, Minta Gencatan Senjata Gaza

2. Lebih dari 500 sekolah dibom oleh Israel

UNICEF memperkirakan bahwa 90 persen dari semua sekolah di Gaza telah digunakan sebagai tempat penampungan, dan dua pertiga di antaranya akan membutuhkan rekonstruksi penuh atau perbaikan agar dapat berfungsi kembali.

Menurut badan PBB tersebut, hingga 6 Juli, Israel secara langsung atau tidak langsung telah mengebom 564 sekolah di Gaza.

Khalaf mengatakan bahwa UNICEF telah mendirikan tenda besar di kamp-kamp pengungsi sebagai tempat pembelajaran darurat, namun upaya ini terganggu oleh serangan Israel yang terus-menerus menargetkan wilayah Palestina tersebut.

Verified Writer

Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya