TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tahanan Palestina di Israel Alami Penyiksaan dan Diserang Penyakit

Mereka berisiko meninggal tanpa akses ke perawatan medis

ilustrasi penjara (unsplash.com/Khashayar Kouchpeydeh)

Jakarta, IDN Times - Laporan terbaru dari PBB dan kelompok hak medis mengungkapkan bahwa warga Palestina yang ditahan di kamp penahanan dan penjara Israel telah mengalami penyiksaan dan menghadapi risiko kematian akibat penyakit yang sebenarnya dapat diobati.

Dokter untuk Hak Asasi Manusia–Israel (PHRI) mengatakan, para tahanan Palestina tidak mendapatkan perawatan medis rutin dan dilarang pergi ke rumah sakit umum. Sebaliknya, mereka dirawat di rumah sakit lapangan primitif, di mana dokter memborgol pasien ke tempat tidur dan melarang mereka menggunakan kamar mandi.

“Tidak ada perawatan medis, kami khawatir banyak orang akan meninggal karena penyakit yang dapat disembuhkan. Waktu mempunyai dampaknya, dan kesehatan setiap orang Palestina yang ditahan di Israel berada dalam bahaya,” tutur Naji Abbas, direktur departemen tahanan dan narapidana kelompok tersebut, kepada The National.

“Seseorang yang memiliki tekanan darah atau diabetes, mereka dapat bertahan selama satu atau dua bulan. Namun, jika mereka tidak mendapatkan pengobatan selama 10 bulan, hal ini menjadi berbahaya," tambahnya.

1. Para tahanan juga mengalami pelecehan seksual

Kondisi yang dialami para tahanan Palestina di Israel menjadi sorotan pekan ini, setelah sembilan tentara Israel ditahan atas penganiayaan berat terhadap seorang tahanan pria di penjara Sde Teiman.

Pria tersebut dibawa ke rumah sakit dengan cedera dada yang mengancam nyawa dan luka parah di anus, yang menimbulkan kekhawatiran akan kemungkinan pelecehan seksual.

“Saya tidak percaya seorang sipir penjara Israel bisa melakukan hal seperti itu. Jika negara bagian dan anggota Knesset berpikir tidak ada batasan seberapa sering Anda dapat melakukan pelecehan terhadap tahanan, mereka harus membunuh mereka sendiri, seperti yang dilakukan Nazi, atau menutup rumah sakit,” kata Yoel Donchin, seorang dokter Israel, kepada Haaretz. 

PHRI, yang mengetahui kasus di Sde Teiman, mengatakan bahwa tahanan yang dianiaya tersebut hanya dirawat di rumah sakit selama beberapa hari sebelum keberadaannya tidak diketahui.

“Kami khawatir bahwa setelah perawatan di rumah sakit selesai, korban dikembalikan ke Sde Teiman, di mana dia disiksa. Kami tidak tahu di mana dia sekarang,” ujar juru bicara PHRI, Ran Yaron. 

Baca Juga: Lindungi Israel dari Iran, AS Tambah Pasukannya di Timur Tengah

2. PHRI minta pemerintah Israel tutup penjara Sde Teiman

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh kantor hak asasi manusia PBB (OCHCR) pada Rabu (31/7/2024), hampir 10 ribu warga Palestina, termasuk paramedis dan pasien rumah sakit, telah ditahan di Israel sejak serangan Hamas pada 7 Oktober. Banyak di antara mereka yang menjadi sasaran penyiksaan, termasuk waterboarding, disengat listrik dan diserang oleh anjing.

Laporan itu juga mengungkapkan bahwa banyak orang ditahan secara rahasia dan tidak memiliki akses ke pengacara.

PHRI telah berulang kali meminta pemerintah Israel untuk menutup fasilitas penahanan Sde Teiman, tempat warga Palestina yang sakit dan terluka diberi makan melalui sedotan dengan mata ditutup setiap saat.

“Dokter tidak memperkenalkan diri mereka dengan cara apa pun. Dalam beberapa kasus, mereka melakukan operasi tanpa anestesi. Orang-orang diborgol dan diikat ke tempat tidur sepanjang mereka berada di rumah sakit lapangan. Mereka tidak bisa bergerak atau pergi ke toilet selama berhari-hari,” kata Abbas.

Ia menambahkan bahwa perawatan medis hanya diberikan pada kasus-kasus yang mengancam jiwa, sehingga menempatkan banyak warga Palestina yang menderita penyakit kronis dalam bahaya.

Laporan PBB menyebutkan bahwa sedikitnya 53 warga Palestina dari wilayah pendudukan telah tewas di penjara Israel sejak Oktober.

Verified Writer

Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya