TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Oman Tolak Kemungkinan Normalisasi dengan Israel

Pejabat Muscat kecam perang Israel di Gaza

bendera Oman (unsplash.com/ahmed nasser)

Jakarta, IDN Times - Seorang pejabat senior di pemerintahan Oman mengatakan bahwa negaranya tidak berniat untuk melakukan normalisasi dengan Israel. Dia juga mendesak Israel untuk menghentikan perang genosidanya di Gaza.

“Yang terpenting saat ini bukanlah apakah akan terjadi normalisasi atau tidak, tapi bagaimana mencapai solusi permasalahan Palestina dan menjamin hak-hak warga Palestina,” kata Wakil Menteri Urusan Diplomatik, Sheikh Khalifa bin Ali bin Issa Alharthy, dalam sebuah wawancara dengan media Rusia pada akhir pekan.

1. Oman desak gencatan senjata segera

Al-Harthy mengatakan bahwa Oman fokus pada upaya membangun persatuan Arab dan Muslim demi mendukung rakyat Palestina.

"Ketegangan di Timur Tengah disebabkan oleh perang genosida yang dilakukan oleh Israel terhadap rakyat Palestina. Kami menuntut gencatan senjata segera," tambahnya

Ia menyebut komunitas internasional setiap hari gagal karena tidak berhasil menghentikan perang di Gaza. Serangan darat dan udara yang dilancarkan Israel selama hampir setahun terakhir telah menewaskan lebih dari 41 ribu orang, dengan sebagian besar korban adalah perempuan dan anak-anak.

Baca Juga: Hamas Siap Kalahkan Pasukan Israel Lewat Aliansi

2. Oman tidak ikuti langkah tetangganya untuk tandatangani Abraham Accords

Oman telah menjadi pendukung setia perjuangan Palestina selama beberapa dekade, meskipun terkadang mengambil sikap yang lebih independen dalam isu-isu regional dibandingkan negara tetangganya.

Pada 2018, Oman mengejutkan dunia ketika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melakukan kunjungan mendadak ke negara tersebut untuk bertemu dengan penguasa saat itu, Sultan Qaboos bin Said.

Namun, Muscat tidak mengikuti langkah Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Maroko, dan Sudan dalam menandatangani Abraham Accords, yang menormalisasi hubungan antara Israel dan beberapa negara Arab.

Warga Oman juga tetap menentang prospek normalisasi hubungan dengan Israel. Pekan lalu, tim sepak bola pantai nasional Oman menolak berpartisipasi dalam turnamen di Italia karena kehadiran tim Israel.

Verified Writer

Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya