TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Nigeria Akan Mulai Vaksinasi Mpox pada 8 Oktober

Nigeria telah menerima 10 ribu dosis vaksin mpox dari USAID

ilustrasi kota di Nigeria (unsplash.com/Namnso Ukpanah)

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Badan Pengembangan Layanan Kesehatan Primer Nasional di Nigeria mengatakan, vaksinasi mpox di negara tersebut akan dimulai pada 8 Oktober setelah mendapat persetujuan dari regulator.

Nigeria telah menerima 10 ribu dosis vaksin mpox dari Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) pekan lalu. Negara ini telah mengonfirmasi 40 kasus mpox tanpa adanya korban jiwa.

“Karena terbatasnya dosis vaksin Jynneos MPox yang tersedia (9.980), jumlahnya akan dibagi rata (1.996 dosis) di lima negara bagian untuk penerapannya,” kata Remi Adeleke, juru bicara badan pengembangan tersebut, kepada surat kabar lokalThe Punch pada Sabtu (31/8).

1. Vaksin akan diuji terlebih dahulu

Adeleke menjelaskan bahwa vaksin tersebut akan diuji di laboratorium regulasi selama tiga minggu sebelum didistribusikan ke lima negara bagian, termasuk Bayelsa, Edo, Cross-River dan Lagos.

Sasaran vaksinasi ini adalah mereka yang melakukan kontak dekat dengan kasus Mpox, petugas kesehatan, dan individu dengan kondisi kekebalan rendah. Sebanyak 4.750 orang akan menerima dua dosis vaksin, dengan jeda waktu 28 hari antara masing-masing dosis.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Mencegah Mpox, Terapkan agar Tetap Terlindungi

2. Benua Afrika butuh 10 juta dosis vaksin mpox

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika (CDC) memperkirakan, Afrika membutuhkan 10 juta dosis, dengan Kongo sebagai negara yang paling membutuhkan. Negara di Afrika tengah telah mencatat lebih dari 18 ribu kasus dugaan mpox dan 615 kematian pada tahun ini.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada Jumat (30/8) mengatakan bahwa vaksin mpox akan tiba di Kongo dalam beberapa hari mendatang.

“Kami berharap pengiriman pertama dapat dilakukan dalam beberapa hari ke depan, dan kemudian akan bertambah,” kata Ghebreyesus, dikutip dari Reuters.

Pejabat WHO, Tim Nguyen, menambahkan bahwa sekitar 230 ribu dosis vaksin mpox saat ini siap untuk dikirimkan. Vaksin tersebut disumbangkan oleh Komisi Eropa dan produsen vaksin mpox asal Denmark, Bavarian Nordic.

Verified Writer

Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya