TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gubernur Rusia Dilaporkan ke Polisi, Sebut Invasi ke Ukraina Tak Perlu

Komarova dituding diskreditkan angkatan bersenjata Rusia

bendera Rusia (pexels.com/Сергей Велов)

Jakarta, IDN Times - Gubernur di Rusia dilaporkan ke polisi pada Minggu (15/10/2023) karena dituduh mendiskreditkan angkatan bersenjata Rusia. Mulanya, ia mengatakan bahwa negara tersebut tidak membutuhkan perang di Ukraina.

Natalya Komarova, gubernur wilayah Khanty-Mansiysk dan anggota partai Rusia Bersatu yang dipimpin Presiden Vladimir Putin, menyampaikan pernyataan tersebut dalam pertemuan dengan penduduk di kota Nizhnevartovsk di Siberia pada Sabtu (14/10/2023).

Baca Juga: Rusia Kerahkan 2 Ribu Tentara untuk Serang Avdiivka di Ukraina

1. Komarova sebut Rusia belum siap dengan invasi ke Ukraina

Dalam acara tatap muka dengan gubernur yang juga disiarkan secara online, istri seorang prajurit Rusia menanyakan kepadanya mengapa para tentara yang dimobilisasi ke Ukraina tidak memiliki perlengkapan yang memadai.

Komarova lantas menjawab bahwa Rusia belum siap menginvasi Ukraina.

“Apakah Anda bertanya kepada saya (mengapa suami Anda tidak memiliki peralatan), padahal saya gubernur dan bukan menteri pertahanan?” kata perempuan berusia 67 tahun itu.

“Secara keseluruhan, kita tidak mempersiapkan diri untuk perang ini. Kita tidak membutuhkannya. Kita sedang membangun dunia yang benar-benar berbeda, jadi dalam hal ini pasti akan ada beberapa inkonsistensi dan masalah yang belum terselesaikan," tambahnya.

2. Komarova belum ditahan atau menghadapi tuntutan apapun

Komentar Komarova tersebut langsung viral di internet. Para aktivis pro-perang yang tidak senang dengan pernyataannya kemudian melaporkan politikus tersebut kepada pihak berwenang, karena dianggap mendiskreditkan angkatan bersenjata Rusia.

Menurut laporan Sibir.Realii, direktur organisasi nirlaba Siberia, Yuri Ryabtsev, telah mengirimkan surat kepada Menteri Dalam Negeri Rusia, yang menyerukan penyelidikan lebih lanjut terkait komentar Komarova.

Meski begitu, gubernur itu belum ditahan atau menghadapi tuntutan apa pun sejauh ini.

Baca Juga: Putin Bantah Rusia Dalangi Kerusakan Pipa Laut Baltik

Verified Writer

Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya