TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

23 Orang Tewas akibat Banjir dan Tanah Longsor di India

Lebih dari 65 warga terpaksa mengungsi

ilustrasi banjir (pixabay.com/charlemagne)

Jakarta, IDN Times - Sedikitnya 23 orang tewas akibat banjir dan tanah longsor di negara bagian Tripura, India. Bencana yang dipicu oleh hujan lebat ini juga menyebabkan lebih dari 65 ribu orang mengungsi.

Dilansir NDTV, pejabat penanggulangan bencana melaporkan bahwa tujuh orang dari dua keluarga meninggal di distrik Tripura Selatan ketika rumah mereka runtuh akibat tanah longsor pada Rabu (21/8/2024) malam. Tim penyelamat, dengan dibantu warga setempat, berhasil mengevakuasi seluruh jenazah pada Kamis (22/8/2024).

1. Debit air sungai masih tinggi

Hujan deras yang mengguyur wilayah Tripura selama empat hari terakhir telah menyebabkan sungai-sungai meluap. Siaran televisi menunjukkan personel militer mengoperasikan perahu penyelamat, sementara mobil dan bus terjebak di jalan-jalan yang terendam air setinggi lutut.

“Sampai pagi ini sebagian besar aliran sungai berada di bawah batas kritis,” kata pejabat penanggulangan bencana, Suman Deb, meskipun intensitas hujan sudah berkurang sejak Kamis malam.

“Namun, sungai Gomti masih terus mengalir di atas tanda bahaya,” tambahnya, mengacu pada sungai utama di negara bagian tersebut, yang mengalir melalui distrik Comilla di Bangladesh dan bermuara di Teluk Benggala.

Baca Juga: Banjir di Nigeria, 33 Orang Tewas, 44 Ribu Orang Terlantar

2. Sekitar 1,7 juta orang terdampak bencana

Pejabat mengatakan bahwa sekitar 65.500 orang telah mengungsi di 450 kamp yang tersebar di delapan distrik di Tripura. Total, ada sekitar 1,7 juta orang yang terdampak bencana tersebut.

Menurut laporan, sebagian besar kematian disebabkan oleh tanah longsor. Ketua Menteri Manik Saha mengumumkan bahwa pemerintah negara bagian akan memberikan bantuan keuangan senilai 400 ribu rupee (sekitar Rp74 juta) kepada setiap keluarga yang terdampak.

Sementara itu, Angkatan Darat India mengatakan bahwa lebih dari 80 personelnya terlibat dalam upaya penyelamatan, dan telah menyelamatkan 334 orang yang terjebak banjir.

Verified Writer

Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya