TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Usain Bolt Pensiun Setelah Raih 3 Emas di Olimpiade Rio 2016

Legenda!

stayrun.com

Tiga medali emas dalam satu cabang olahraga di ajang yang sama tampaknya menjadi kepuasan tersendiri bagi atlet lari, Usain Bolt. Bolt berhasil meraih tiga medali emas sekaligus dalam Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil. Kepastian meraih medali ketiga di Rio saat lari 4x100 meter dengan mencatatkan waktu 37,27 detik.

Seperti dikutip dari HuffingtonPost, Bolt berhasil mengalahkan atlet lari Jepang dan Kanada yang masing-masing meraih tempat kedua serta ketiga. Raihan ini juga membuat Bolt disebut sebagai manusia tercepat di dunia. Rekan senegaranya di cabang lari, Nickel Ashmeade pun mengaku kagum dengan 'senior'-nya itu.

Akan tetapi, lomba Jumat (19/8) malam itu juga menjadi laga Olimpiade terakhir Bolt karena atlet 29 tahun itu memutuskan untuk segera pensiun.

Baca Juga: Kakek Berusia 105 Tahun Ini Masih Kuat Ikut Lomba Lari. Apa Rahasianya?

Sembilan medali emas dalam tiga Olimpiade.

Getty Images via independent.co.uk

Olimpiade Beijing, Tiongkok (2008); London 2012 dan terakhir Olimpiade Brasil tahun ini menjadi karier yang gemerlang bagi Bolt. Atlet dengan tinggi 1,9 meter itu tidak pernah gagal meraih medali emas dalam karier Olimpiade. Ajang lari cepat 100 dan 200 meter serta balapan 4x100 meter selalu jadi langganannya.

Raihan serupa juga diraih Bolt di 2008 dan 2012, catatan sempurna itu membuatnya meraih sembilan medali emas dari sembilan kali bertanding dalam delapan tahun terakhir. Mulai menarik perhatian di usia muda, Bolt yang belum berusia 30 tahun masih menjadi idola dan panutan orang-orang, terutama atlet lari lainnya.

rio2016.com

Raihan ini juga menempatkan Bolt dalam sejarah Olimpiade. Bersama atlet Amerika Carl Lewis dan Finlandia Paavo Nurmi, mereka mencatat rekor sembilan medali emas dalam cabang lari.

Baca Juga: Sempat Mengidap Kanker, Atlet Ini Jadi Pemenang Medali Emas Tertua di Olimpiade 2016!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya