TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ukraina Tawarkan Bantuan kepada Negara Eropa Terdampak Banjir

Sebagai upaya balas budi

Petugas Pemadan Kebakaran Polandia saat mengevakuasi korban banjir bandang. (x.com/KGPSP)

Jakarta, IDN Times - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, pada Senin (16/9/2024), menawarkan bantuan kepada negara-negara Eropa yang terdampak banjir bandang. Langkah ini sebagai wujud balas budi atas bantuan negara-negara tetangganya di tengah agresi Rusia.

Dalam beberapa hari terakhir, negara-negara Eropa bagian tengah dan timur terdampak banjir bandang imbas luapan air sungai. Level permukaan beberapa aliran air sungai bahkan sudah mencapai titik tertinggi menyusul hujan deras yang terjadi di sejumlah area di Eropa.  

1. Berencana mengirimkan petugas penanggulangan bencana

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. (twitter.com/ZelenskyyUa)

Zelenskyy memerintahkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Ukraina, Andriy Sybiha, untuk memberikan bantuan petugas penanggulangan bencana kepada negara-negara Eropa yang terdampak banjir bandang. 

"Sayangnya, terdapat situasi kritis di negara-negara tetangga kami karena hujan deras dalam beberapa hari terakhir. Sesuai instruksi saya, Sybiha akan menawarkan bantuan penanganan bencana dari Badan Darurat Nasional Ukraina ke negara-negara terdampak," terangnya, dilansir Ukrinform.

Sementara itu, Sybiha mengaku sudah menawarkan bantuan kepada Moldova, Polandia, Rumania, Slovakia, Hungaria, dan Republik Ceko. 

"Ukraina akan berdiri membantu negara tetangga yang terdampak banjir bandang. Sesuai dengan instruksi dari presiden dan Perdana Menteri Denys Shmyhal, kami menawarkan bantuan kepada Ceko, Hungaria, Moldova, Polandia, Rumania, Slovakia untuk mengirimkan petugas kami dalam rangka mitigasi bencana," sambungnya. 

Baca Juga: Ukraina Sebut Senjata Korea Utara jadi Masalah Besar Militernya

2. Polandia-Ceko evakuasi warga di area terdampak banjir

Pada Senin, penduduk di area perbatasan Polandia-Republik Ceko sudah dievakuasi untuk menghindari banjir susulan. Banjir bandang pada akhir pekan lalu sudah mengakibatkan putusnya jembatan dan merusak mobil, beserta rumah warga. 

Melansir Reuters, pemerintah Polandia sudah mengumumkan alokasi dana sebesar 1 miliar zloty (Rp4 triliun) untuk membantu korban banjir. Perdana Menteri Polandia, Donald Tusk, juga mengaku akan meminta Uni Eropa (UE) untuk memberikan bantuan finansial. 

Menurut keterangan dari polisi Polandia, banjir bandang kali ini telah mengakibatkan tewasnya empat warga. Sementara itu, di wilayah Republik Ceko dilaporkan ada tiga korban tewas. 

Verified Writer

Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya