TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Spanyol Kirim Bantuan Tambahan Rp280 Miliar ke Palestina

Bantuan diberikan setelah PM Spanyol dikatain Israel

ilustrasi bendera Spanyol (unsplash.com/thurpont)

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez, pada Selasa (11/6/2024), mengumumkan pengiriman bantuan kemanusiaan tambahan ke Palestina. Ia menyatakan bahwa bantuan ini merupakan komitmen Spanyol mendukung masyarakat Palestina di Gaza. 

Setelah mengakui kemerdekaan Palestina, hubungan Spanyol-Israel terus merenggang. Sehari sebelumnya, Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, bahkan mengunggah unggahan yang menghina PM Sanchez, setelah partainya kalah dalam pemilu parlemen Uni Eropa (UE). 

1. Spanyol akan intensifikasi dukungan dengan Palestina

Sanchez mengatakan, bantuan tambahan senilai 16 juta euro (Rp208 miliar) ini untuk mendukung rakyat Palestina. Ia menyebut ini adalah bentuk intensifikasi komitmen Spanyol atas penderitaan rakyat Palestina. 

"Komitmen kami untuk Palestina akan berlanjut dan semakin intens pada 2024," ungkapnya, dikutip EFE

Sebagai informasi, pernyataan PM Spanyol ini disampaikan dalam acara Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza yang digelar di Yordania. Acara ini bertujuan mengkoordinasikan respons kemanusiaan di Gaza. 

Pertemuan ini diselenggarakan oleh Yordanian, Mesir, dan PBB dan dihadiri oleh puluhan negara di dunia, termasuk Spanyol, Kolombia, dan Meksiko. 

Baca Juga: Hamas Usul Poin Tambahan soal Gencatan Senjata Gaza 

2. Spanyol dukung resolusi Dewan Keamanan PBB soal gencatan senjata di Gaza

Sanchez juga bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk membahas konflik di Gaza. Keduanya mengaku puas dengan resolusi Dewan Keamanan PBB soal gencatan senjata di Gaza yang dicetuskan oleh Amerika Serikat (AS). 

"Kami menyambut baik resolusi yang diadopsi oleh Dewan Keamanan PBB untuk mencapai perdamaian di Gaza dan membebaskan para tawanan yang ditawan oleh kelompok Hamas," tulis Sanchez. 

Dalam pertemuan itu, Sanchez dan Guterres menyerukan slogan untuk beraksi dan merespons situasi kemanusiaan di Gaza. Keduanya mendesak agar seluruh kepala negara dan pemerintahan memberikan bantuan kemanusiaan ke Gaza. 

Verified Writer

Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya