TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pipa Migas dari Rusia ke Polandia Bocor, 400 Meter Kubik Minyak Tumpah

Diduga bocor akibat kecelakaan

ilustrasi bendera Polandia (pixabay.com/aszak)

Jakarta, IDN Times - Operator penyedia pipa gas di Polandia, PERN, pada Kamis (13/10/2022) mendeteksi kebocoran pipa migas Rusia. Padahal, pipa tersebut merupakan salah satu pipa utama untuk mengirimkan pasokan minyak mentah dari Rusia ke Jerman. 

Setelah kebocoran terdeteksi, PERN langsung mematikan sementara aliran migas di pipa tersebut untuk mengamankan lokasi sekitar. Meskipun ada kebocoran di salah satu pipa, tapi mereka menegaskan bahwa pengiriman migas dari pipa yang lain masih aman. 

Baca Juga: 40 Teknisi Kanada Akan Dikirim ke Polandia untuk Latih Tentara Ukraina

1. Kebocoran pipa bukan disebabkan aksi sabotase

Kebocoran pipa tersebut berhasil dideteksi oleh PERN pada Kamis petang yang berlokasi sekitar 70 kilometer dari pusat kota Plock. Sedangkan, pipa tersebut dikenal sebagai pipa Druzhba yang merupakan warisan Uni Soviet untuk mengalirkan migas ke negara-negara sekutunya di Eropa Timur. 

Petugas yang melakukan penyelidikan dan perbaikan menyebut tidak ada tanda-tanda sabotase atau keterlibatan pihak ketiga. PERN juga menginginkan perbaikan secepatnya agar pipa dapat kembali beroperasi. 

"Berdasarkan temuan pertama, pipa tersebut berubah bentuk, sehingga tidak ditemukan keterlibatan dari pihak ketiga. Akan tetapi, analisis lebih detail masih dilakukan untuk menentukan penyebab insiden ini dan memperbaiki pipa tersebut agar dapat beroperasi kembali," tutur pihak PERN. 

2. Sebanyak 400 meter kubik minyak mentah tumpah

Kepala Keamanan Nasional Polandia, Stanislaw Zaryn, menyampaikan bahwa kebocoran tersebut disebabkan oleh kecelakaan. Namun, ia juga belum bisa memastikan karena investigasi masih terus dilakukan. 

"Skenario yang berbeda mungkin saja ditemukan. Kami tidak akan mengabaikan itu semua," tutur Zaryn kepada Associated Press.

Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, menuturkan bahwa masih terlalu dini untuk menyimpulkan insiden kebocoran minyak dari pipa tersebut disebabkan aksi sabotase. 

Di sisi lain, petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kejadian di Zurawice berhasil menemukan titik kebocoran. Pihaknya juga melaporkan sebanyak 400 meter kubik minyak mentah bocor tumpah dari pipa.

Baca Juga: Dampak Perang Dunia 2, Polandia Tuntut Reparasi Rp19.853 T ke Jerman

Verified Writer

Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya