TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

AS Akui Kemenangan Oposisi Venezuela dalam Pemilu

Venezuela ucapkan terima kasih atas pengakuan AS

Calon Presiden Venezuela, Edmundo Gonzalez Urrutia. (x.com/EdmundoGU)

Jakarta, IDN Times - Capres oposisi Venezuela Edmundo Gonzalez Urrutia, pada Jumat (2/8/2024), mengungkapkan terima kasih kepada Amerika Serikat (AS) atas pengakuan kemenangan dalam pilpres. Meskipun Dewan Pemilihan Nasional (CNE) mengakui kemenangan Presiden Venezuela Nicolas Maduro. 

Dalam sepekan terakhir, situasi di Venezuela terus memanas menyusul klaim kemenangan dari Maduro dengan hasil 51 persen suara. Sementara, Gonzalez yang didukung pemimpin oposisi Maria Corina Machado menyebut dirinya menang dengan hasil perolehan 70 persen suara. 

1. Klaim kemenangan Gonzalez Urrutia merefleksikan harapan rakyat Venezuela

Gonzalez Urrutia mengungkapkan, pengakuan kemenangan ini merefleksikan harapan dari sebagian besar rakyat Venezuela. Ia pun mengatakan rakyat Venezuela menginginkan restorasi demokrasi di negaranya. 

"Kami berterima kasih kepada AS atas pengakuan harapan dari rakyat Venezuela yang merefleksikan kemenangan elektoral kami dan mendukung proses restorasi norma demokrasi di Venezuela," tulisnya, dikutip Mercopress

Sementara itu, Machado mengungkapkan bahwa Maduro kalah dalam perolehan pilpres tahun ini. Ia mengaku memiliki bukti bahwa Gonzalez Urrutia adalah pemenang pilpres dengan angka yang besar. 

"Saya menuliskan ini dari tempat persembunyian untuk menghindari ancaman diktator Nicolas Maduro. Pada pilpres pekan lalu, Maduro tidak menang. Ia kalah telak dari Gonzalez Urrutia dengan perolehan suara 67 persen berbanding 30 persen," tambahnya. 

Baca Juga: AS Gugat TikTok atas Tuduhan Langgar Privasi Anak

2. AS klaim punya bukti bahwa Gonzalez Urrutia menang pilpres

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken. (twitter.com/SecBlinken)

Menteri Luar Negeri (Menlu) AS, Antony Blinken, mengaku memiliki bukti nyata bahwa Gonzalez Urrutia adalah pemenang pilpres Venezuela tahun ini. 

"Terdapat bukti-bukti nyata dan maka dari itu, AS mengambil posisinya terutama kepada rakyat Venezuela bahwa Edmundo Gonzalez Urrutia memenangkan pilpres dan memperoleh suara mayoritas pada pilpres Venezuela pada 28 Juli lalu," terangnya, dikutip EFE

"Kami meminta seluruh rekan kami terlibat dalam krisis di Venezuela dan mengawal proses transisi untuk menghormati hasil pilpres. Kami pun menyuarakan dukungan atas pengembalian norma-norma demokrasi di seluruh Karibia," tambahnya. 

Verified Writer

Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya