TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Iran Tegaskan Negaranya Tidak Terlibat dalam Serangan Hamas

Konflik terbaru di Gaza tewaskan lebih dari seribu orang

bendera negara Iran (unsplash.com/sina drakhshani)

Jakarta, IDN Times - Misi Iran untuk PBB mengatakan, pada Minggu (8/10/2023), bahwa Teheran tidak terlibat dalam serangan pejuang Hamas yang membunuh lebih dari 700 warga Israel. Iran sendiri memang tidak merahasiakan dukungannya terhadap Hamas dan telah mendanai serta mempersenjatai kelompok tersebut. 

Kejutan Hamas pada Sabtu (7/10/2023) merupakan serangan terbesar ke Israel dalam beberapa dekade terakhir. 

Baca Juga: 3 Alasan Israel Gagal Mencegah Serangan Hamas

1. Serangan di Israel hanya dilakukan oleh warga Palestina

Walau menyatakan tidak terlibat secara langsung dalam operasi Hamas, misi Iran di PBB tersebut tetap lantang mendukung Palestina. 

“Langkah tegas yang diambil oleh Palestina merupakan pertahanan yang sepenuhnya sah terhadap pendudukan yang menindas selama tujuh dekade dan kejahatan keji yang dilakukan oleh rezim Zionis yang tidak sah,” kata misi Iran di PBB dalam pernyataannya.

“Kami dengan tegas mendukung Palestina. Namun, kami tidak terlibat dalam respons Palestina, karena hal ini hanya dilakukan oleh Palestina sendiri,” tambahnya, dilansir Reuters.

Iran juga mengatakan keberhasilan operasi Hamas mampu mempermalukan sistem pertahanan Israel. 

“Mereka berusaha untuk membenarkan kegagalan mereka dan mengaitkannya dengan kekuatan intelijen dan perencanaan operasional Iran,” kata Iran.

2. Iran yakin serangan Hamas akan mempercepat keruntuhan rezim Zionis

ilustrasi bendera Iran (pixabay.com/jorono)

Ali Akbar Velayati, penasihat utama Pemimpin Tertinggi Ayatollah Khamenei, mengatakan  bahwa kemenangan operasi ini akan mempercepat keruntuhan rezim Zionis.

Juru bicara pemerintah Ali Bahadori-Jahromi mengatakan kepada, serangan tersebut membuktikan bahwa rezim Zionis lebih rentan dari sebelumnya. Dia menegaskan bahwa inisiatif serangan ada di tangan pemuda Palestina.

Video yang disiarkan oleh televisi pemerintah Iran menunjukkan orang-orang berkumpul di Lapangan Palestina di Teheran untuk menyambut berita serangan tersebut. Mereka meneriakkan "Matilah Israel" dan menyalakan kembang api.

Tayangan TV juga memperlihatkan kegembiraan di sejumlah kota di Iran. Beberapa aksi solidaritas terhadap Palestina juga tampak di beberapa negara lainnya, termasuk Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Baca Juga: Armada Perang Amerika Menuju Israel untuk Bantu Lawan Hamas

Verified Writer

Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya