TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hizbullah Serang Tank Israel dengan Peluru Kendali

3 pejuang Hizbullah dilaporkan tewas akibat serangan Israel

Para pendukung Hizbullah sedang merayakan parade di jalanan Lebanon. (twitter.com/AndyVermaut)

Jakarta, IDN Times - Hizbullah menargetkan tank Israel dengan peluru kendali pada Selasa (10/10/2023). Sementara itu, tentara Israel mengatakan sebuah helikopter menghantam pos pengamatan milik Hizbullah.

Hal itu merupakan respons terhadap rudal anti-tank yang diluncurkan dari wilayah Lebanon menuju kendaraan militer di kawasan Avivim. Eskalasi antara Hizbullah dan Israel dikabarkan masih berlanjut.

Baca Juga: Uni Eropa: Israel Berhak Bela Diri, Tapi Jangan Melanggar Hukum

1. Israel konfirmasi tidak ada pasukannya yang tewas akibat serangan Hizbullah

Hizbullah, yang didirikan oleh Garda Revolusi Iran pada 1982, memiliki hubungan dekat dengan kelompok-kelompok pejuang Palestina yang memerangi Israel. Hizbullah telah menyuarakan dukungannya terhadap Palestina, dengan mengatakan bahwa senjata dan roketnya ada di tangan kelompok pejuang Palestina.

Pada Minggu (8/10/2023), Hizbullah menembaki tiga pos Israel di Peternakan Shebaa yang disengketakan di sepanjang perbatasan. Israel juga melakukan balasan serangan ke wilayah Lebanon. 

Israel mengonfirmasi bahwa pihaknya tidak ada yang tewas akibat serangan Hizbullah.

“Tidak ada korban luka yang dilaporkan,” kata tentata Israel, dilansir Al Arabiya

2. Israel lakukan serangan balasan ke wilayah Lebanon dan Suriah

bendera Israel (pixabay.com/edu_castro27)

Rudal, yang menuju wilayah Israel, dikabarkan juga datang dari wilayah Suriah. Pasukan Pertahanan Israel mengatakan, 15 roket ditembakkan dari Lebanon ke Galilea Barat, memicu sirene di beberapa kota.

Empat proyektil dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome, sementara sisanya mendarat di area terbuka dan tidak menyebabkan kerusakan atau cedera. Militer awalnya mengatakan bahwa mereka telah melancarkan serangan artileri sebagai tanggapan atas serangan roket tersebut, baik ke Lebanon maupun Suriah.

Setidaknya dua pos milik Hizbullah di Lebanon telah hancur. Sementara itu, terdapat tiga pasukan Hizbullah yang tewas akibat serangan pasukan Israel. 

Baca Juga: Putin: Konflik Hamas-Israel karena Kegagalan AS di Timur Tengah

Verified Writer

Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya