TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

2 Minggu Hilang, 4 Anak Korban Pesawat Jatuh di Kolombia Selamat

3 korban dewasa ditemukan tewas

ilustrasi (Unsplash.com/Flavia Carpio)

Jakarta, IDN Times - Empat anak dari komunitas pribumi di Kolombia telah ditemukan hidup, setelah lebih dari 2 minggu pesawat yang mereka tumpangi jatuh di hutan lebat. Anak-anak itu diselamatkan oleh anggota militer, petugas pemadam kebakaran, dan petugas penerbangan sipil di hutan lebat provinsi Caqueta.

Pesawat Cessna 206 membawa tujuh orang dari Araracuara, di provinsi Amazonas, dan San Jose del Guaviare. Pesawat itu mengeluarkan peringatan mayday karena kerusakan mesin pada 1 Mei 2023 lalu. 

Baca Juga: Rusia Hukum Warga Kolombia yang Dianggap Sebarkan Berita Palsu

1. Tiga korban dewasa ditemukan tewas di dalam pesawat

Presiden Kolombia, Gustavo Petro, menyambut gembira pencapaian petuguas gabungan menolong korban.

"Setelah pencarian yang sulit oleh militer kami, kami telah menemukan hidup-hidup empat anak yang hilang setelah kecelakaan pesawat di Guaviare. Kegembiraan bagi negara,” kata Petro pada hari Rabu (17/5/2023) waktu setempat, dilansir The Guardian.

Tiga orang dewasa, termasuk pilot, tewas akibat kecelakaan itu. Jenazah mereka dikabarkan ditemukan di dalam pesawat.

Sementara itu, empat anak berusia 13 tahun, 9 tahun dan 4 tahun, serta bayi berusia 11 bulan, selamat dari kecelakaan tersebut. Otoritas penerbangan setempat sempat menunjukkan bahwa anak-anak tersebut melarikan diri dari pesawat dan berangkat ke hutan untuk mencari bantuan.

2. Bekas peralatan dan makanan sempat ditemukan saat pencarian

Salah satu orang dewasa yang meninggal, Ranoque Mucutuy, adalah ibu dari empat anak tersebut. Keluarga itu berasal dari suku Huitoto, kelompok pribumi di Kolombia tenggara dan Peru utara.

Militer Kolombia mengatakan, upaya pencarian telah ditingkatkan setelah ditemukan tempat berlindung yang dibangun seadanya dengan tongkat dan ranting. Hal tersebut menunjukkan masih ada orang yang selamat dari kecelakaan pesawat.

Foto yang dipublikasikan secara daring memperlihatkan gunting dan ikat rambut ditemukan di dahan-dahan di dasar hutan. Sebelumnya, botol bayi dan beberapa buah yang dibuang juga telah ditemukan oleh tim penyelamat.

Baca Juga: Presiden Kolombia Ajak Warga Spanyol Move On dari Masa Lalu

Verified Writer

Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya