TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Orang Di India Dipenjara akibat Membunuh Seorang Muslim

Para tersangka dihukum 10 tahun penjara

bendera India (pixabay.com/hari_mangayil)

Jakarta, IDN Times - Pengadilan India menghukum 10 pria masing-masing 10 tahun penjara pada pada Rabu (5/7/2023), karena membunuh seorang pria muslim. Korban, Tabrez Ansari, meninggal setelah disiksa dan dipaksa menyanyikan slogan-slogan Hindu.

Tabrez Ansari diikat ke tiang dan disiksa selama 12 jam pada 2019 lalu.  Dia sempat menangis dan memohon kepada massa yang menuduhnya melakukan perampokan di negara bagian timur Jharkhand.

Baca Juga: India Menolak Tuduhan Organisasi Kerja Sama Islam Terkait Islamophobia

Baca Juga: India Tolak Akui Pernikahan Sesama Jenis: Melanggar Norma Hindu-Islam

1. Ansari sempat ditahan polisi India sebelum akhirnya meninggal

ilustrasi penjara (unsplash.com/Ye Jinghan)

Sebuah video insiden yang tersebar di media sosial menunjukkan korban dipaksa untuk meneriakkan “Jai Sri Ram”. Slogan ini berarti “salam Tuhan Ram”, sebuah slogan yang banyak digunakan umat Hindu garis keras.

Polisi kemudian menahan Ansari karena pencurian saat dia dalam kondisi kritis. Polisi sempat membawanya ke rumah sakit beberapa hari kemudian, di mana dia meninggal saat dalam tahanan.

Akibat protes publik, polisi menangkap 12 pria Hindu, dua di antaranya kemudian dibebaskan karena kurangnya bukti keterlibatan. Sementara 10 orang sisanya dihukum minggu lalu atas pembunuhan tersebut selama 10 tahun. 

Baca Juga: Sesumbar PM Modi: Tak Ada Diskriminasi Agama di India

2. Istri Ansari akan mengajukan banding terhadap putusan pengadilan

palu sidang (unsplash.com/Tingey Injury Law Firm)

Istri Ansari, Shaista Parveen, mengatakan dia akan mengajukan banding atas hukuman tersebut untuk memperberatnya.

“Saya menghormati putusan pengadilan, tapi saya tidak sepenuhnya puas dengan itu. Kami akan mendekati pengadilan yang lebih tinggi untuk mendapatkan keadilan,” katanya, dilansir The Guardian.

Kematian Ansari oleh massa Hindu bukanlah insiden yang baru. Sudah ada beberapa insiden serupa yang dilaporkan di India dalam beberapa tahun terakhir di mana muslim telah diserang akibat memakan sapi. Sapi dianggap sebagai hewan sakral bagi umat Hindu.

Serangan terhadap komunitas minoritas telah dikutuk oleh politisi oposisi. Pemimpin senior partai Kongres Rahul Gandhi menggambarkan hukuman mati tanpa pengadilan Ansari sebagai noda kemanusiaan di India.

Verified Writer

Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya