TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kebakaran Hanguskan California Utara, 350 Ribu Hektare Hangus! 

Tercatat sebagai salah satu kebakaran terbesar di AS

Ilustrasi perubahan iklim (unsplash.com/Matt Palmer)

Jakarta, IDN Times - Kebakaran yang tak terkendali di California utara dengan cepat menjadi salah satu kebakaran terbesar yang pernah terjadi di negara bagian Amerika Serikat (AS) bagian barat, kata pihak berwenang pada 27 Juli.

Kebakaran telah membakar hampir 350 ribu hektare hingga Sabtu (27/7/2024) pagi, menjadikannya sebagai kebakaran terbesar ketujuh yang pernah tercatat dalam sejarah California, badan negara bagian Cal Fire mengatakan melalui X, dikutip dari The Straits Times.

1. Kontur alam jadi tantangan memadamkan api

Kebakaran, yang mendorong perintah bagi lebih dari 4 ribu orang untuk meninggalkan rumah mereka, membakar daerah pegunungan yang sebagian besar pedesaan di dekat kota Chico, sekitar 145 km di utara ibu kota negara bagian Sacramento.

"Kondisi kebakaran yang ekstrem terus menantang petugas pemadam kebakaran," katanya.

Untuk saat ini, kebakaran masih sulit dikendalikan, meskipun ada upaya sekitar 2.500 personel dengan lebih dari selusin helikopter dan beberapa pesawat.

"Kebakaran terus membakar dengan agresif karena medan yang curam dan angin. Perilaku kebakaran ekstrem terjadi karena kemiringan dan angin yang sejajar, menyebabkan pertumbuhan yang signifikan,” kata Cal Fire dalam pembaruannya.

Namun, badan tersebut mencatat bahwa cuaca yang lebih dingin dan kelembapan yang lebih tinggi diperkirakan terjadi di wilayah tersebut.

Baca Juga: Di Depan Menlu AS, Retno Serukan Gencatan Senjata Gaza

2. Ratusan rumah hangus

Kebakaran dimulai pada 24 Juli di dekat Chico, di Butte County. Dalam beberapa jam, kebakaran telah menghancurkan area yang luas di sana dan di Tehama County yang berdekatan.

Pembaruan terakhir menunjukkan 134 bangunan hangus dilahap si jago merah.

Kebakaran telah menghasilkan kolom asap abu-abu pekat yang sangat besar, yang juga telah bertiup ke negara bagian terdekat.

Sebagai informasi, pada 25 Juli polisi menahan seorang pria berusia 42 tahun karena dicurigai telah memulai kebakaran dengan mendorong mobil yang terbakar ke jurang.

Verified Writer

Andi IR

Belajar menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya