TKN Ungkap Dua Program Strategis Prabowo-Gibran untuk Perempuan

Peran perempuan penting untuk menyambut Indonesia Emas

Jakarta, IDN Times - Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) pemilih muda cluster perempuan (Pink Fanta) Prabowo-Gibran, Suci Suaeb Saenong, mengatakan penuntasan stunting dan pemberdayaan UMKM menjadi dua isu strategis bagi perempuan yang dibawa capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kekurangan Indonesia ini adalah tentang pencegahan stunting yang belum maksimal. Lalu, investasi yang masuk di Indonesia itu berdampak pada kami pelaku UMKM di daerah. Dan ini yang dijanjikan Pak Prabowo dan Mas Gibran untuk melanjutkan itu," kata Suci dalam Talk Show Pink Fanta di Markas TKN Fanta HQ, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2023).

1. Program makan siang dan susu berdampak positif bagi perempuan

TKN Ungkap Dua Program Strategis Prabowo-Gibran untuk PerempuanTalk Show Pink Fanta di Markas TKN Fanta HQ, Jakarta Pusat (dok. TKN Prabowo-Gibran)

Suci mengatakan, program pencegahan stunting yang dibawa Prabowo-Gibran berupa pemberian nutrisi bagi ibu hamil hingga pemberian makan siang dan susu gratis bagi pelajar, akan membawa dampak positif bagi perempuan dan pelaku UMKM.

"Sangat berdampak karena itu produk lokal dan akan dibeli, susu, telur, itu dibeli dari UMKM di daerah tersebut. Pasti warung-warung laku, dan itu yang sangat terbantu di daerah. Bukan soal UMKM saja, melainkan kesehatan masyarakat juga terjamin," katanya.

Baca Juga: Cak Imin Jawab SGIE Gibran: Ternyata Sego Goreng Iwak Endog

2. Kesuksesan generasi emas Indonesia berada di tangan perempuan

TKN Ungkap Dua Program Strategis Prabowo-Gibran untuk PerempuanIlustrasi keterwakilan perempuan dalam pemilu (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Suci mengatakan, kesuksesan Indonesia menyiapkan generasi emas berada di tangan perempuan. Sebab, dari rahim perempuan anak-anak menerima pendidikan pertamanya.

Dia pun mengajak pemilih perempuan untuk mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 karena memiliki program kerja yang pro kepentingan perempuan.

"Kita tahu pemilih perempuan lebih besar dibanding pemilih laki-laki di Indonesia, ya. Program-program untuk mendukung perempuan itu juga adalah di paslon nomor 2. Inilah yang kita tegaskan kepada perempuan-perempuan di Indonesia bahwa pilih calon yang mengutamakan perempuan," kata Suci.

Baca Juga: DKPP Pastikan Sudah Periksa 7 Anggota KPU RI, Dugaan Pelanggaran Etik

3. Perempuan dianggap kontributor nyata pembangunan

TKN Ungkap Dua Program Strategis Prabowo-Gibran untuk PerempuanRahayu Saraswati dalam Sesi "Women's Voice in Politics and Decision Making" IMGS 2022 pada Jumat (30/9/2022). (IDN Times/Tata Firza & Reynaldy)

Juru Bicara (Jubir) TKN Prabowo dan Gibran, Rahayu Saraswati mengatakan, pihaknya menganggap perempuan sebagai kontributor nyata dalam pembangunan bangsa. Sebab, persentase populasinya setengah dari penduduk Indonesia.

Dia meminta agar tidak mengarahkan isu perempuan hanya pada bidang-bidang tertentu, seperti kesehatan dan kekerasan atau ketika perempuan hanya diposisikan sebagai objek.

"Kita berbicara teknologi, kita juga membahas peluang bagi perempuan sebagai pekerja dan pemimpin di bidang tersebut. Saat membahas sumber daya manusia di sains, teknologi, pendidikan, dan kesehatan, tentu kita harus bicara tentang perempuan di berbagai bidang tersebut," imbuh Sara.

"Perempuan (seharusnya) tidak dilihat sebagai objek, tetapi (sebagai) subyek dalam segala sektor," ujar Sara dalam keterangannya.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya