TKN: Minim Intervensi, Prabowo Paling Mampu Lakukan Penegakan Hukum

Prabowo punya kendali penuh sebagai ketum parpol

Jakarta, IDN Times - Koordinator Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemilih Muda (Fanta) Klaster Hukum, Andi Ryza Fardiansyah, menilai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi figur yang paling mampu melakukan penegakan hukum di Indonesia.

Andi mengatakan, di antara ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024, hanya Prabowo yang menjabat sebagai ketua umum partai. Sebagai ketua umum partai, tentunya dia memegang kendali penuh atas kebijakan politik partainya serta minim intervensi.

"Kalau kita bicara penegakan hukum, reformasi birokrasi, yang paling bisa menjamin hukum itu tegak adalah orang yang paling kecil peluang intervensinya," kata Andi dalam acara Kongko Fanta Law Jelang Debat Pilpres: Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme yang digelar di markas TKN Fanta, Jakarta, Senin (11/12/2023).

1. Prabowo sebagai ketua umum parpol punya andil besar kawal penegakan hukum

TKN: Minim Intervensi, Prabowo Paling Mampu Lakukan Penegakan HukumAcara diskusi "Kongko Fanta Law Jelang Debat Pilpres: Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme" yang digelar di markas TKN Fanta, Jakarta, Senin (11/12/2023)

Senada, caleg DPRD DKI Jakarta, Osco Olfriady Letunggamu, mengatakan penegakan hukum erat kaitannya dengan proses pembuatan undang-undang di DPR. Sebagai ketua umum parpol yang membawahi fraksi-fraksi di DPR, Prabowo punya wewenang utuh untuk mengawal agar penegakan hukum dapat berjalan on the track.

"Pak Prabowo adalah satu-satunya capres yang juga ketua umum. Beliau bukan petugas partai. Jika beliau jadi presiden, maka beliau bisa garansi penegakan hukum. Karena produk hukum itu dibahas di legislatif. Di sana ada fraksi yang merupakan representasi dari partai. Siapa bosnya fraksi, ya ketumnya," kata kader Partai Gerindra itu.

Baca Juga: TKN: Prabowo itu Miskin Gimik, Paslon Lain Justru Banyak!

2. Anak muda dinilai menyukai pemimpin yang tak mudah diintervensi

TKN: Minim Intervensi, Prabowo Paling Mampu Lakukan Penegakan Hukumilustrasi gen z dan milennial (IDN Times/Aditya Pratama)

Osco menuturkan, salah satu pertimbangan anak muda yakin mendukung Prabowo karena figur yang independen dan tak gampang diintervensi kekuatan di sekitarnya, salah satunya dari partai politik. Sebab, saat dilantik menjadi presiden, seseorang bukan lagi menjadi abdi partai, melainkan menjadi abdi rakyat. 

"Kita ingin capres yang bisa menjamin penegakan hukum. Saya yakin Pak Prabowo merupakan ketum partai besar yang tudak punya ruang untuk diintervensi," katanya. 

Baca Juga: Posisinya Menyalip Ganjar, Anies: Tanda Warga Ingin Perubahan

3. Anak muda punya peran besar mengawal penegakan hukum

TKN: Minim Intervensi, Prabowo Paling Mampu Lakukan Penegakan HukumIlustrasi Sidang (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, pengacara sekaligus akademisi, Muhammad Rizal Rustam mengatakan, anak muda punya peran besar dalam mengawal proses penegakan hukum di Tanah Air. Hal itu tampak pada fenomena 'perang tagar' di linimasa media sosial dalam mengawal sejumlah isu hukum, salah satunya seperti revisi UU KPK.

Rizal menilai, ada fenomena ketidakpercayaan anak muda kepada kinerja aparat penegak hukum. Sebagai solusi, Prabowo-Gibran menawarkan gaji tinggi untuk aparat penegak hukum agar bekerja profesional dan tidak korupsi.

"Ini yang harus dilihat dalam prespektif hukum, ada ketidakpercayaan anak muda terhadap aparat penegak hukum. Dan saya melihat ada harapan di Pak Prabowo," kata Rizal.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres Pilpres 2024 pada Senin, 13 November 2023. KPU juga sudah mengundi nomor urut capres-cawapres pada Selasa, 14 November 2023.

Hasilnya, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan, 11-13 Februari 2024 memasuki masa tenang, dan 14 Februari 2024 hari pencoblosan atau pemungutan suara yang bertepatan dengan Hari Valentin.


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/AiPZbmRY-Yg

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya