Survei Pilkada Jakarta: Kaesang Kalahkan Andika hingga Sandiaga

Kaesang masuk enam besar dalam simulasi 16 nama

Jakarta, IDN Times - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei elektabilitas sejumlah kandidat dalam gelaran Pilkada DKI Jakarta 2024.

Dalam simulasi 16 nama kandidat yang disodorkan kepada responden, mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berhasil memuncaki elektabilitas dengan 41,9 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Profesor Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya menjelaskan, Anies unggul dalam berbagai simulasi. Termasuk simulasi terbuka (top of mind), 40 nama, 16 nama, 11 nama, 9 nama, 4 nama, 3 nama, dan 2 nama.

"Simulasi 16 nama, kita kerucutkan lagi tidak sertamerta, ketika kita take out, ternyata relatif tidak banyak berubah. Anies masih di peringkat pertama, kisaran 41,9 persen," kata dia dalam rilis survei, Kamis (25/7/2024).

1. Elektabilitas Ahok urutan kedua, disusul Ridwan Kamil, Risma, dan Sahroni

Survei Pilkada Jakarta: Kaesang Kalahkan Andika hingga Sandiaga(dok. Istimewa)

Posisi kedua dalam survei simulasi 16 nama itu ditempati mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan 27,9 persen. 

Lalu diikuti mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 17,3 persen; Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma 1,7 persen; dan Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni 1,7 persen.

Baca Juga: Survei Indikator: Anies Melesat di Pilkada Jakarta, Punya Pemilih Kuat

2. Kaesang di posisi keenam kalahkan Andika, Heru Budi, Sandiaga, hingga Mardani

Survei Pilkada Jakarta: Kaesang Kalahkan Andika hingga SandiagaKetua Umum PSI, Kaesang Pangarep gelar jumpa pers di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Uniknya, putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep, berhasil tampil di posisi keenam. 

Meski elektabilitasnya rendah hanya 1,3 persen, namun berhasil mengalahkan nama besar lainnya, seperti Andika Perkasa 0,7 persen; Heru Budi 0,5 persen; Mardani Ali Sera 0,2 persen; Dede Yusuf 0,2 persen; dan sejumlah nama lainnya.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Anies Gacor, Kaesang Terjun Bebas

3. Survei dilakukan 18 sampai 26 Juni

Survei Pilkada Jakarta: Kaesang Kalahkan Andika hingga SandiagaIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Adapun survei tersebut dilakukan 18 sampai 26 Juni 2024. Populasi survei ini adalah seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) di Jakarta yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 800 orang. 

Dengan asumsi memiliki toleransi kesalahan (margin of error-MoE) sekitar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh Kota di Jakarta yang terdistribusi secara proporsional. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

"Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti," imbuh Burhanuddin.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya