Soroti Hak Asasi Hewan, Ridwan Kamil Janji Bangun Pet Park di Jakarta

Ridwan Kamil juga ingin bangun Jakarta jadi Kota Global

Intinya Sih...

  • Ridwan Kamil dan Suswono (Rido) akan memperjuangkan hak asasi hewan jika menang di Pilkada DKI Jakarta.
  • Ridwan Kamil berjanji menjadikan Jakarta sebagai Kota Global yang nyaman dengan kemudahan bagi perusahaan.

Jakarta, IDN Times - Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono (Rido) menyoroti kebijakan yang berkaitan dengan hak asasi hewan.

Apabila Rido menang di Pilkada DKI Jakarta, mereka berjanji tidak hanya akan memperhatikan kesejahteraan manusia, tetapi juga memperjuangkan hidup hewan peliharaan.

Ridwan Kamil menyebut, kebijakan tersebut sejalan dengan slogan 'Jakarta Baru.' Rido akan memperbanyak pet park di Jakarta.

"Pasangan Rido ini tentunya punya cara untuk memberikan solusi lima tahun ke depan, slogannya itu adalah Jakarta Baru. Karena sudah tidak lagi ibu kota, kita bersepakat Jakarta mau seperti apa. Kalau dulu tidak ada taman, pet park, misalnya. Di Jakarta baru tidak hanya manusia tapi hak asasi hewan juga kita hadirkan itu contoh (penerapan slogan) Jakarta Baru," ucap Ridwan Kamil saat menghadiri diskusi di Markas Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran kluster Fanta, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2024).

Baca Juga: Ridwan Kamil Ogah Dianggap Manfaatkan Sepakbola dengan Urusan Politik

1. Menuju Jakarta jadi kota global

Soroti Hak Asasi Hewan, Ridwan Kamil Janji Bangun Pet Park di JakartaBakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil mengunjungi markas TKN Fanta Prabowo-Gibran, Jakpus (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Selain itu, mantan Gubernur Jawa Barat ini juga menjelaskan slogan 'Jakarta Maju.' 

Salah satu implementasinya, Ridwan Kamil berjanji akan menjadikan Jakarta sebagai Kota Global yang nyaman. Ia optimistis akan mengubah Jakarta seperti perkantoran di Singapura.

Untuk mewujudkan Kota Global, Ridwan Kamil berjanji akan memberikan kemudahan dan kenyamanan perusahaan untuk membangun perkantoran di Jakarta.

"Kemudian menuju Jakarta maju karena kita mau lompat ke yang namanya kota global, kota global kan artinya harus gembira. Jadi orang-orang koorporasi ngantornya jangan ke Singapura terus, harus ke Jakarta," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga: Ridwan Kamil Akan Teruskan Program Anies yang Baik: Jangan Dibenturkan

2. Ridwan Kamil janji akan perbanyak jumlah pohon tiga kali lipat di Jakarta

Soroti Hak Asasi Hewan, Ridwan Kamil Janji Bangun Pet Park di JakartaPengunjung kawasan Monas (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Dalam kesempatan yang sama, Ridwan Kamil juga berjanji akan meningkatkan ruang terbuka hijau di Jakarta jika menang di Pilkada 2024. 

Meski belum menjabarkan secara spesifik, namun Ridwan Kamil mengaku siap menambah jumlah pohon di Jakarta tiga kali lipat dalam satu tahun pertama menjabat.

Penambahan jumlah pohon itu dianggap diperlukan karena penghijauan di Jakarta masih belum merata. Terutama, di wilayah barat dan utara yang masih sangat gersang dan berbeda dengan kondisi di Jakarta Selatan. 

“Saya melihat yang rindang di Jakarta itu kebanyakan hanya di Jakarta Selatan, betul? Di utara, barat itu agak gersang, maka kita setahun pertama kalau terpilih mungkin kita 3 kali lipat kan pohon di Jakarta,” tutur dia.

Oleh karena itu, ia ingin semua wilayah di Jakarta bisa punya wilayah penghijauan yang setara dengan Jakarta Selatan.

Ridwan Kamil juga akan memilih pohon yang ditanam punya karakteristik menyerap polusi agar meningkatkan kualitas udara di Jakarta. 

“Setidaknya serindang Jakarta Selatan, nanti dipilih pohonnya yang menyerap polusi kan ada speknya jenis-jenis pohon,” ujarnya.

Baca Juga: Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil, Ada Moge dan Mobil Listrik

3. Ridwan Kamil akan bangun rumah di atas pasar, jalan, hingga stasiun

Soroti Hak Asasi Hewan, Ridwan Kamil Janji Bangun Pet Park di JakartaBakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil mengunjungi markas TKN Fanta Prabowo-Gibran, Jakpus (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Ridwan Kamil juga mengungkap wacana membuat program hunian bagi anak muda di lahan sempit Jakarta.

Ia menilai, kepemilikan tempat tinggal jadi salah satu masalah yang dihadapi anak muda di Jakarta. Mengingat lahannya yang sangat terbatas dan mahalnya harga properti. 

"Tentu sudah disampaikan problemnya sama kami amati khusus anak muda itu kepemilikan rumah," kata Ridwan Kamil.

Ia mengaku mendapat arahan langsung dari Presiden Terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto untuk membuat lahan pemerintah yang tak terpakai di Jakarta disulap menjadi perumahan rakyat.

Selain itu, Prabowo juga meminta agar Ridwan Kamil memanfaatkan lahan sempit untuk perumahan warga Jakarta. Misalnya membangun rumah vertikal di atas pasar, jalan, hingga stasiun.

"Jadi salah satu gagasan dan arahan Pak Prabowo salah taunya adalah Jakarta, 'tolong membuat perumahan di tengah kota.' Tapi tanahnya habis, maka nanti coba upayakan membangun di atas pasar-pasar Jakarta, di atas Manggarai, Dukuh Atas, di atas Tanah Abang, Djuanda, dan lain-lain. Lahan-lahan pemerintahan yang ditinggal ke IKN, Pak Prabowo menyampaikan untuk perumahan rakyat," jelasnya.

"Secinta itu Prabowo kepada yang nomor 1. Jadi presiden yang peduli dengan perumahan rakyat Jakarta. Vertikal, ya, termasuk gagasan membangun di atas jalan dan lain sebagainya, itu akan menjadi prioritas," sambung dia.

Baca Juga: Strategi Ridwan Kamil Curi Hati Basis Anies di Pilkada Jakarta 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya