Soal Statusnya di PDIP, Gibran Belum Beri Kejelasan

Secara de facto Gibran telah kelaur dari PDIP?

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka menjawab santai saat ditanya mengenai statusnya saat ini sebagai kader PDI Perjuangan (PDIP).

Menurut Gibran, hal tersebut sudah selesai dan tidak perlu dibahas lebih lanjut.

"Itu sudah clear lho. Sudah clear," kata Gibran saat ditemui awak media usai menjalani pemeriksaan kesehatan bersama capres KIM Prabowo Subianto di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023).

Kemudian saat ditanya lebih lanjut terkait maksud clear dari pernyataannya itu, Gibran enggan menjabarkan. Dia juga tak menanggapi soal kapan berpamitan ke PDIP usai resmi menjadi cawapres KIM.

“Sudah saya jawab itu lho, kan sudah saya jawab, dari minggu lalu dari minggu lalu. Sudah dari minggu lalu,” ujar Wali Kota Solo itu.

Sebelumnya, Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun mengatakan, secara de facto Gibran telah keluar dari PDIP.

"Secara de facto, keanggotaan Gibran di PDI Perjuangan telah berakhir setelah pendaftarannya secara resmi menjadi Cawapres dari KIM. Jadi, teman-teman wartawan santai saja. Tidak perlu heboh. Dalam organisasi partai, keluar, pindah, berhenti dan beralih itu hal yang biasa," ujar Komarudin dalam keterangannya, Kamis (26/10/2023).

"Bahwa saat ini Gibran tidak tegak lurus dengan instruksi Partai, maka dia otomatis tidak lagi di PDI Perjuangan. Tapi ingat, keluar satu kader, ada banyak kader-kader partai baru yang potensial bergabung dengan Partai dan TPN Ganjar-Mahfud,” sambungnya.

Komarudin mengaku, dalam pertemuannya dengan Gibran pada 19 Mei 2023, sempat memberinya nasihat untuk tegak lurus dengan keputusan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Sebab, PDIP sudah memutuskan mengusung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

“Saat itu, sebagai kader yang yunior, kami tidak menjatuhkan sanksi. Kami berikan nasihat untuk patuh pada aturan partai. Saat itu Gibran menyampaikan terima kasih atas nasihatnya dan sebagai kader muda berjanji akan tetap tegak lurus sesuai arahan ibu Ketua Umum,” kata dia.

Baca Juga: Rudy Minta Gibran Mundur dari PDIP Untuk Hormati Megawati 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya