Sempat Kecewa PAN Cuma Dapat 48 Kursi DPR, Zulhas: Harusnya 60 Kursi

Meski begitu Zulhas tetap bersyukur

Intinya Sih...

  • Zulhas mengaku awalnya kecewa dengan raihan kursi PAN di Pileg DPR RI 2024 yang hanya 48, lebih rendah dari prediksinya.
  • Menurut Zulhas, seharusnya PAN mendapat antara 50-60 kursi berdasarkan hitungannya, meski akhirnya tetap bersyukur dengan peningkatan dari 44 kursi di Pileg 2019.

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) mengaku sempat kecewa lantaran raihan kursi partainya di Pileg DPR RI 2024 lalu tak sesuai prediksi. Partai berlambang matahari putih itu cuma mendapat 48 kursi DPR RI.

"Sekali lagi ini semua adalah hasil kerja keras saudara-saudara. Kita syukuri, kita meningkat kursinya dari 44 menjadi 48. Saudara-saudara memang awal saya sempat kecewa, tapi gak lama-lama, dua hari lah," ucap Zulhas dalam sambutan pembukaan Rakernas PAN di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Sabtu (29/6/2024).

Baca Juga: Ahmad Ali Hadiri Rakernas PAN, Zulhas: Calon Tunggal Pilgub Sulteng

1. Harusnya PAN dapat sekitar 50 sampai 60 kursi

Sempat Kecewa PAN Cuma Dapat 48 Kursi DPR, Zulhas: Harusnya 60 KursiRakernas PAN di Kantor DPP PAN (29/6/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Zulhas menuturkan, berdasarkan hitungannya, seharusnya PAN mendapat jatah antara 50 sampai 60 kursi dari DPR RI.

"Karena dibenak saya itu dua tahun nonstop kita bekerja, dua tahun terakhir terpotret PAN itu kursinya antara 55 sampai 60. Bukan khayalan, tapi memang hitungannya menurut saya nyata antara 55 sampai 60. Tapi yang kita capai 48, dua hari kecewa," tuturnya.

Baca Juga: PAN Tak Takut Hadapi Anies di Pilkada: Kami di Pilpres Menang Kok!

2. Zulhas tetap syukuri hasil Pileg 2024 lalu

Sempat Kecewa PAN Cuma Dapat 48 Kursi DPR, Zulhas: Harusnya 60 KursiMenteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan Alias Zulhas. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Kendati begitu, Zulhas mengaku tetap mensyukuri hasil kursi yang diraih PAN. Sebab, meski tak sesuai ekspektasi, jumlah kursinya meningkat jika dibanding Pileg DPR RI 2019 lalu. 

Pada Pileg 2019, PAN hanya meraih 44 kursi. Kemudian di Pileg 2024, kursi DPR PAN bertambah menjadi 48.

"Tapi itu kita syukuri saudara-saudara. Tambah empat kursi," ungkapnya.

Baca Juga: Waketum PAN: Anies Belum Tentu Maju Pilkada DKI Jakarta 

3. Zulhas apresiasi kerja keras kader PAN

Sempat Kecewa PAN Cuma Dapat 48 Kursi DPR, Zulhas: Harusnya 60 KursiRakernas PAN di Kantor DPP PAN (29/6/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Zulhas juga mengapresiasi kerja keras kadernya. Mengingat persaingan Pemilu 2024 lalu sangat ketat dan keras.

"Bahwa 48 itu ternyata anugerah yang luar biasa, yang saudara-saudara kerjakan dengan bekerja keras. Itulah yang harus kita syukuri di tengah persaingan kemarin yang sangat ketat, keras, dan keterbatasan yang kita miliki. Karena pertandingan kemarin memang kita tidak perlu rinci lagi karena sudah lewat, sungguh tidak mudah," ucapnya. 

Baca Juga: PAN Bakal Gelar Rakernas ke-4, Bahas Kongres dan Penetapan Cagub

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya