Selamat! Polwan Ahli Forensik Sumy Hastry Purwanti Jadi Brigjen

Kiprah Hastry Purwanti dikenal hingga internasional

Intinya Sih...

  • Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara kenaikan pangkat perwira tinggi (pati) Polri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta.
  • Total ada 31 pati Polri yang mengikuti upacara kenaikan pangkat, termasuk Polwan dokter forensik, Kombes Sumy Hastry Purwanti.
  • Kenaikan pangkat ini sebagai bukti keseriusan Polri dalam mendukung keadilan dan kesetaraan gender, serta Hastry telah berkiprah dalam penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara kenaikan pangkat perwira tinggi (pati) Polri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (29/6/2024).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, total ada 31 pati Polri yang mengikuti upacara kenaikan pangkat. Salah satunya, Polwan yang merupakan ahli forensik, Kombes Sumy Hastry Purwanti. 

Kenaikan pangkat 31 personel itu berdasarkan surat telegram nomor STR/1768/VI/KEP/2024, dan telegram nomor STR/1686/VI/KEP/2024. 

Baca Juga: Kapolri Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 31 Pati Polri, Ini Daftarnya

1. Jadi bukti keseriusan Polri dukung kesetaraan gender

Selamat! Polwan Ahli Forensik Sumy Hastry Purwanti Jadi BrigjenPolwan Polres Bantul patroli saat salat Jumat berlangsung.(Dok.Polres Bantul)

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan, bertambahnya Polwan yang menjadi jenderal adalah bukti keseriusan Polri, baik kontribusi maupun komitmen dalam mendukung keadilan dan kesetaraan gender di lingkungan Kepolisian. 

“Yakni mendukung penuh dan berkomitmen dalam memberikan kesempatan kepada Polisi Wanita (Polwan) untuk menduduki jabatan strategis di lingkup Kepolisian,” kata Irjen Dedi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (29/6/2024). 

2. Polwan Hastry merupakan ahli forensik yang berkiprah di Indonesia hingga internasional

Selamat! Polwan Ahli Forensik Sumy Hastry Purwanti Jadi BrigjenFoto hanya ilustrasi. (Pexels.com/Pixabay)

Sumy Hastry Purwanti merupakan ahli forensik perempuan di Indonesia yang telah berkiprah hingga internasional. 

Polwan ini membuat layanan Forensik Klinik (Forklin) secara khusus, demi keberpihakan kepada korban kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak. 

3. Saat menangani kasus perempuan dan anak, Polwan Hastry buat ruang khusus

Selamat! Polwan Ahli Forensik Sumy Hastry Purwanti Jadi BrigjenIlustrasi keterwakilan perempuan dalam pemilu (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Saat menangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, Hastry membuat ruang khusus untuk penanganan penyidikan hingga pendampingan kesehatan korban. 

Hal ini bertujuan agar perempuan dan anak yang menjadi korban mendapatkan haknya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya