Satgas Damai Cartenz Kembali Berhasil Tangkap Komandan KKB Dokoge-Pani

Ditangkap dalam perjalanan menuju Paniai

Intinya Sih...

  • Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 berhasil menangkap pimpinan KKB Peni Pekei di Paniai, Papua.
  • Penangkapan berdasarkan laporan polisi terkait pemerasan, pengancaman, pencurian dengan kekerasan, dan kepemilikan senjata api ilegal.
  • Petrus Pekei ditangkap dalam perjalanan dari Nabire menuju Paniai, akan diperiksa lebih lanjut di Mako Polres Nabire.

Jakarta, IDN Times - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz-2024, bersama Polres Dogiyai, berhasil menangkap pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Dokoge-Paniai, Peni Pekei alias Petrus Pekei, yang juga merupakan Komandan Operasi Umum Markas Dokoge. 

Penangkapan ini dilakukan di Kampung Ekaugida, tepatnya di tanjakan Pugo, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua pada Jumat (17/5/2024).

Baca Juga: Anggota KKB Pelaku Pembunuhan Danramil Aradide Ditangkap di Paniai

1. Penangkapan berdasarkan Laporan Polisi

Satgas Damai Cartenz Kembali Berhasil Tangkap Komandan KKB Dokoge-PaniAparat menghalau serangan KKB di Intan Jaya, Papua Tengah, Jumat (10/5/2024). (IDN Times/Istimewa)

Kepala operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan bahwa penangkapan pimpinan KKB Petrus Pekei dilakukan berdasarkan Laporan Polisi Nomor LP/01/K/II/2015/PAPUA/RES PANIAI tertanggal 1 Februari 2015 dan Daftar Pencarian Orang (DPO) Nomor: DPO / 36 / XI / 2016 / DITRESKRIMUM tertanggal 11 November 2016. 

"Petrus Pekei ditangkap terkait tindak pidana pemerasan, pengancaman, pencurian dengan kekerasan, dan kepemilikan senjata api ilegal yang dilakukannya pada tanggal 31 Januari 2015 di Kampung Witai, Distrik Yatamo-Paniai, dengan korbannya adalah Nicolas Worabay," tutur Faizal.

Baca Juga: 8 Tahun DPO, Pentolan KKB Petrus Pekei Akhirnya Ditangkap

2. Petrus Pekei ditangkap dalam perjalanan dari Nabire menuju Paniai

Satgas Damai Cartenz Kembali Berhasil Tangkap Komandan KKB Dokoge-PaniIlustrasi - Aksi baku tembak antara aparat TNI/Polri rombongan Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri dan tim Yonif Raider 762 dengan anggota KKB pada 5 September 2021. (Dokumentasi Istimewa)

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno menjelaskan, penangkapan terjadi saat Petrus Pekei sedang dalam perjalanan dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Paniai. 

“Kurang dari tiga jam setelah pemantauan, personel berhasil mengamankan pelaku di tanjakan Pugo, Kampung Madi, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai," ucap Bayu.

“Saat ini, Petrus Pekei telah dibawa ke Kabupaten Nabire untuk pemeriksaan lebih lanjut di Mako Polres Nabire. Pemeriksaan ini bertujuan untuk menyelidiki lebih dalam keterlibatan Petrus dalam jaringan KKB," lanjutnya.

3. Petrus Pekei merupakan Komandan Operasi KKB di Markas Dokoge-Paniai

Satgas Damai Cartenz Kembali Berhasil Tangkap Komandan KKB Dokoge-PaniIlustrasi KKB Papua (IDN Times/Istimewa)

Bayu lantas menegaskan, Petrus Pekei dikenal dengan nama Peni Pekei memiliki posisi penting sebagai Komandan Operasi KKB di Markas Dokoge-Paniai.

Ia menegaskan, penangkapan itu menunjukkan keseriusan Polri melalui Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dalam melakukan penegakan hukum terhadap KKB yg melakukan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua 

"Kami akan terus melakukan upaya penegakan hukum terhadap KKB di Papua demi terwujudnya situasi kamtibmas yg kondusif di Papua," pungkas Bayu.

Baca Juga: Satgas Damai Cartenz Adang Serangan KKB di Intan Jaya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya