Safari Kaesang Jelang Pilkada, Salat Jumat hingga ke Markas Parpol

Kaesang dinilai sedang mengukur potensi kemenangan

Intinya Sih...

  • Kaesang Pangarep melakukan cawe-cawe dan safari politik jelang Pilkada Serentak 2024.
  • Kaesang aktif melakukan kegiatan bersama warga, seperti salat Jumat dan silaturahmi dengan ormas Islam.
  • Kaesang mendapat dukungan dari PKS dan Golkar untuk maju di Pilkada Jakarta, meskipun belum memutuskan antara Jakarta atau Jawa Tengah.

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mulai melakukan cawe-cawe dan safari politik jelang gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Karier putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo sendiri belakangan memang cenderung meningkat pesat. Setelah gabung PSI pada September 2023 lalu, Kaesang langsung didapuk sebagai Ketua Umum PSI menggantikan Grace Natalie. Kini, setelah sekitar sepuluh bulan gabung PSI, ia digadang-gadang maju di Pilkada DKI Jakarta dan Jawa Tengah (Jateng).

Baca Juga: Isu Diduetkan dengan Kaesang, Jusuf Hamka: Tagline Kabah!

1. Makan siang bareng hingga salat jumat di masjid sekitar pemukiman warga

Safari Kaesang Jelang Pilkada, Salat Jumat hingga ke Markas ParpolKetua Umum PSI, Kaesang Pangarep saat silaturahmi dengan warga di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara (Instagram/PSI)

Berdasarkan catatan IDN Times, Kaesang beberapa kali memang mulai melakukan cawe-cawe ke masyarakat. Kaesang sempat mengajak warga Cempaka Putih, Jakarta Pusat untuk makan bersama. Acara yang digelar pada Jumat, 14 Juni 2024 lalu itu pun diselingi dengan ibadah salat jumat bersama warga di Masjid Al Huda, Cempaka Putih.

Lalu pekan depannya, Jumat (21/6/2024), Kaesang kembali menunaikan salat Jumat bersama warga di Masjid At Taqwa, Salemba, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu, ia bersilaturahmi dengan sejumlah pengurus dan aktivis ormas Islam.

Kegiatan yang sama juga dilakukan Kaesang di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Jumat (5/7/2024). Kaesang mengikuti ibadah salat Jumat di Masjid Nurul Qulub, Jalan Agung Utara V Nomor 15. Usai salat, ia pun makan siang dan bersilaturahmi dengan warga sekitar.

Kegiatan Kaesang ini sempat jadi sorotan sejumlah pihak, termasuk parpol lain. Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem, Wibi Andrino, menyoroti aksi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep yang belakangan sering salat Jumat di sejumlah masjid di kawasan Jakarta jelang Pilkada 2024. Pernyataan itu diungkapkan Wibi dalam jumpa pers usai menggelar pertemuan dengan Ketua DPW PSI, Elva Farhi Qolbina di Gedung Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2024).

Awalnya Wibi menuturkan bahwa dalam konteks pilkada, pihaknya tidak hanya melihat siapa nama potensial, namun juga harus memperhitungkan semangat dan keseriusan dari pada kandidat. Ia lantas menyinggung sosok Kaesang yang mulai rajin salat Jumat di Jakarta.

"Misalnya kita perhatikan beberapa waktu kan kita lihat Mas Kaesang sudah rajin salat Jumat di lapangan kan," katanya sambil tertawa.

"Tentunya ini bagus di Jakarta. Mungkin biasanya di Solo atau dimana," sambung dia.

Baca Juga: Profil Jusuf Hamka, Figur Potensial Cawagub Jakarta Dampingi Kaesang

2. Kaesang datangi markas parpol lain

Safari Kaesang Jelang Pilkada, Salat Jumat hingga ke Markas ParpolKetum Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketum PSI, Kaesang Pangarep ketika memberikan keterangan pers di DPP Golkar. (IDN Times/Santi Dewi)

Selain kegiatan bersama warga, Kaesang juga menggelar silaturahmi berkunjung ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2024). Dalam kunjungannya, Kaesang bertemu langsung dengan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu. Padahal, PSI dan PKS berseberangan dalam Pilpres 2024 lalu. PSI tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendukung Prabowo-Gibran, sementara PKS di Koalisi Perubahan menjagokan Anies-Muhaimin.

Di hadapan jajaran PKS, Kaesang pun sempat menyinggung isu soal Pilkada DKI Jakarta. Ia menilai Syaikhu layak maju sebagai bakal calon gubernur Jakarta 2024. Kaesang menilai, PKS merupakan partai pemenang Pemilu 2024 di Jakarta dengan memperoleh 18 kursi di DPRD.

“Pak Presiden PKS ini sebagai pemenang pemilu di Jakarta punya 18 kursi, saya rasa sebenarnya Pak Presiden PKS ini harusnya menjadi gubernur,” kata Kaesang dalam jumpa pers di DPP PKS, Jakarta, Senin (8/7/2024).

Kaesang menegaskan, pernyataannya tersebut bukan sekadar guyonan. Menurut dia, alangkah baiknya bila partai pemenang Pileg 2024 di suatu daerah mengusung kader internal sebagai cagub.

“Gak (bercanda), saya kan, sebagai pemenang di Jakarta saya rasa jauh lebih elok kalau ini mengusung gubernur,” tutur dia.

Terbaru, Kaesang juga menggelar silaturahmi dengan Partai Golkar, pada Kamis (11/7/2024). Kaesang memimpin langsung rombongan PSI saat berkunjung ke markas partai berlambang pohon beringin tersebut.

Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan siap mendukung Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep jika memutuskan maju di Pilkada Jakarta. Airlangga siap menduetkan Kaesang dengan pengusaha jalan tol, Jusuf Hamka. "Bila kesempatan itu ada dan Mas Kaesang siap maju (di pilkada), Partai Golkar siap mendukung," ujar Airlangga ketika memberikan keterangan pers bersama Kaesang di DPP Partai Golkar Slipi, Jakarta Barat pada Kamis (11/7/2024).

"Khusus untuk Jakarta, Partai Golkar melihat tantangan Jakarta itu besar, termasuk Jakarta memiliki jumlah penduduk 10 juta, (pengelolaannya) harus bisa mengalahkan Bangkok, Thailand. Terutama untuk mengatasi kemacetan. Untuk mendukung Mas Kaesang, seandainya Beliau memilih (maju) di Jakarta, saya siapkan kader Partai Golkar yang sudah malang melintang di infrastruktur yaitu Babah Alun (Jusuf Hamka)," katanya.

Menanggapi usulan itu, PSI membantah membuat kesepakatan dengan Golkar untuk mengusung duet Kaesang-Jusuf Hamka.

Baca Juga: Jusuf Hamka: Saya Baru Kenal Kaesang 1,5 Jam saat di DPP Golkar

3. Kaesang dinilai cek ombak jelang pilkada

Safari Kaesang Jelang Pilkada, Salat Jumat hingga ke Markas ParpolIlustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando Emas menilai bahwa hingga saat ini Kaesang belum memutuskan apakah akan mengikuti kontestasi di Jakarta atau Jawa Tengah karena sedang mempertimbangkan peluang kemenangannya.

"Walaupun Kaesang secara elektabilitas berdasarkan lebih berpeluang di Jawa Tengah dibandingkan Jakarta namun kalau berdasarkan pertimbangan berdasarkan perolehan kursi PSI di DPRD Provinsi, maka Kaesang lebih berpeluang mengikuti kontestasi di Jakarta," kata Fernando kepada IDN Times, Senin (5/7/2024).

Sehingga, kata Fernando, kegiatan Kaesang banyak dilakukan di sekitar DKI Jakarta sangat mungkin sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan elektabilitas dan elektoral. Namun, ia juga menganggap kegiatan Kaesang langsung menyapa warga Jakarta tidak akan begitu memberikan dampak yang signifikan meningkatkan elektabilitas dan elektoral.

"Apalagi sangat jelas sekali agenda Kaesang bertemu langsung dengan warga Jakarta karena memang ada agenda politik untuk Pilkada," imbuh dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya