Ridwan Kamil Tegaskan Pasti Maju Pilkada, Tinggal Tentukan Pendamping

Kemungkinan akan ditentukan bulan Juli 2024

Bali, IDN Times - Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menegaskan dirinya pasti maju dalam Pilkada Serentak 2024 mendatang.

Namun, terkait kepastian di daerah mana dirinya mencalonkan diri dan berpasangan dengan kandidat siapa, kemungkinan baru akan terlihat pada Juli nanti.

"Putusan ini lebih relevan bulan Juli, karena sudah mengerucut," kata dia saat ditemui awak media di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Jumat (31/5/2024).

"Sehingga saya pun nanti pengumumannya bukan Ridwan Kamil ke mana? Tapi Ridwan Kamil dengan siapa, ke mana," sambungnya.

Baca Juga: DPW PKS Bujuk Anies Maju Pilkada DKI Jakarta 2024

1. Ridwan Kamil kantongi dua surat rekomendasi

Ridwan Kamil Tegaskan Pasti Maju Pilkada, Tinggal Tentukan PendampingRidwan Kamil (IDN Times/Tata Firza)

Ridwan Kamil kembali memastikan bahwa dirinya sudah mengantongi dua surat rekomendasi tugas dari partai untuk memilih maju di dua daerah, yakni di Jawa Barat atau DKI Jakarta.

Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, disebut telah memintanya menaikkan persentase elektabilitas di dua provinsi tersebut.

"Sehingga nanti ketika waktunya tiba di bulan Juli keputusannya sudah lebih matang," ujar dia.

Baca Juga: Demokrat Ungkap KIM Mulai Godok Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta 2024

2. Waketum DPP Golkar minta Ridwan Kamil maju Pilgub Jabar

Ridwan Kamil Tegaskan Pasti Maju Pilkada, Tinggal Tentukan PendampingIlustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Golkar Ahmad Doli Kurnia Tanjung tegas meminta Ridwan Kamil untuk maju kembali ke Pilgub Jawa Barat untuk periode kedua dibandingkan maju ke Pilgub Jakarta. Hal itu dikarenakan kans kemenangan Partai Golkar besar.

"Kalau mau hitung-hitungan pasti, kami (DPP) juga sama pandangannya dengan DPD Jawa Barat, kita lebih mendorong Ridwan Kamil di Jawa Barat aja," kata Doli, usai memberikan pengarahan dalam kegiatan 'Optimalisasi Peran Anggota Fraksi Partai Golkar Dalam Pemenangan Pilkada Tahun 2024 di Jawa Barat' di Kota Bandung, Senin (6/5/2024) malam.

3. Peluang kemenangan lebih tinggi di Jabar

Ridwan Kamil Tegaskan Pasti Maju Pilkada, Tinggal Tentukan PendampingIlustrasi calon kepala daerah jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dengan begitu, Doli menilai, Ridwan Kamil berpeluang besar untuk memenangkan kembali kontestasi Pilgub Jabar dibandingkan Pilgub Jakarta. Adapun Ridwan Kamil sebelumnya sudah mendapatkan tiket untuk maju ke Pilgub Jabar dan Jakarta.

"Jadi peluang Ridwan Kamil lebih besar menang di Jabar dibandingkan misalnya di tempat lain harus DKI Jakarta yang kita gatau lawannya siapa aja kita belum tahu," tegasnya.

Sementara itu, Partai Golkar sudah menyiapkan 1.048 nama untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024 mendatang. Nama-nama Bakal Calon Kepala Daerah ini sudah mengikuti berbagai proses hingga memasuki tahap pemantapan penjaringan dengan melakukan metode survei tahap pertama.

"Jadi nama-nama yang kita sudah inventarisir itu kita uji secara akademis, secara saintifik, mereka memang betul-betul punya elektabilitas atau tidak. Nah itu nanti sampai pada saat biasanya kita mau mendaftarkan ke KPU itu baru kita putuskan siapa yang akan kita dukung," kata Doli.

Baca Juga: Sinyal PDIP Usung Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya