Ridwan Kamil Mau Duet dengan PKS di Pilkada Jabar? Ini Kata Golkar

Jubir PKS klaim Ridwan Kamil mau duet dengan kadernya

Intinya Sih...

  • Ridwan Kamil (RK) siap duet dengan kader PKS pada Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024 mendatang.
  • Koalisi Indonesia Maju (KIM) sangat potensial mengusung Ridwan Kamil di pilkada yang digelar November 2024 nanti, baik di Jakarta maupun Jawa Barat.
  • Partai politik lain juga ingin berkoalisi dengan PKS pada Pilgub Jabar 2024.

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Pembina Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Idrus Marham, menanggapi klaim yang menyebut Ridwan Kamil (RK) siap duet dengan kader PKS pada Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024 mendatang.

Idrus menegaskan, memang ada sejumlah kandidat yang masuk radar potensial untuk diusung maju sebagai bakal calon wakil gubernur (bacawagub) di Jabar.

"Ya saya bilang begini, bahwa memang ada beberapa nama," katanya saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2024).

Baca Juga: Dampingi Anies, Sohibul Iman Pede Lawan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

1. KIM punya hubungan baik dengan PKS

Ridwan Kamil Mau Duet dengan PKS di Pilkada Jabar? Ini Kata GolkarPolitikus Partai Golkar, Idrus Marham (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Idrus menjelaskan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) sangat potensial mengusung Ridwan Kamil di pilkada yang digelar November 2024 nanti, baik di Jakarta maupun Jawa Barat.

Ia menegaskan, PKS dan KIM punya hubungan baik. Sehingga masih sangat memungkinkan PKS bergabung dalam koalisi pengusung Ridwan Kamil. Hubungan baik itu sudah terbangun sejak Prabowo maju di Pilpres 2014 lalu, di mana PKS jadi salah satu parpol pengusung.

"Sebenarnya karena kita bicara tentang KIM, lebih khusus lagi dengan Prabowo, ya hubungan antara Prabowo dengan PKS tahun 2014, kebetulan saya ketua koalisinya itu, kita sangat dekat," tegasnya.

Idrus tak memungkiri pada Pilpres 2024 lalu, PKS salah paham dengan memunculkan isu penjegalan terhadap capres yang didukung, Anies Baswedan.

"Jadi tidak pernah ada masalah dengan PKS, sehingga kalau kita melakukan komunikasi politik iya tidak ada masalah, meskipun pada waktu itu kalau kita lakukan komunikasi politik tiba-tiba muncul suatu respons lagi, 'wah KIM ini gak benar nih ingin menjegal Anies'," jelasnya.

"Saya katakan ndak ada sama sekali, yang ada dari dunia politik praktis itu adalah adu strategi. Karena kita berkomunikasi dengan PKS, itu adalah strategi, silakan berkomunikasi juga," sambung Idrus.

Baca Juga: PKB: Lawan Terberat Anies di Pilkada Jakarta Bukan Ridwan Kamil

2. PKS klaim Ridwan Kamil mau maju bareng kadernya di Pilkada Jabar

Ridwan Kamil Mau Duet dengan PKS di Pilkada Jabar? Ini Kata GolkarJuru Bicara PKS Pipin Sopian ungkap PKS jajaki kerja sama dengan NasDem di Pilkada 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, Juru Bicara PKS Pipin Sopian mengungkapkan, partainya mulai membangun komunikasi politik dengan Ridwan Kamil terkait Pilkada Jawa Barat 2024.

Pipin mengklaim, Ridwan Kamil bahkan memiliki keinginan untuk maju bareng kader PKS di Pilkada Jawa Barat 2024. 

"Salah satunya setahu kami memang Pak Ridwan Kamil ingin menjajaki koalisi, dan tertarik memasangkan dengan kader PKS," kata Pipin saat ditemui di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

3. PKS klaim banyak parpol mau berkoalisi di Pilgub Jabar 2024

Ridwan Kamil Mau Duet dengan PKS di Pilkada Jabar? Ini Kata GolkarIlustrasi calon kepala daerah jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Pipin mengatakan, Jawa Barat memang menjadi salah satu magnet dalam Pilkada 2024. Dia mengklaim, banyak partai politik yang mau berkoalisi dengan PKS pada Pilgub Jabar 2024.

Menurut Pipin, sejumlah partai memang sudah meminta agar bisa dipasangkan dengan kader PKS, salah satunya adalah Ketua DPW PKS Jabar Haru Suandharu.

"Hampir semua parpol minta berkoalisi dengan PKS, dan sudah beberapa partai dan tokoh meminta untuk dipasangkan dengan kader PKS," kata Pipin.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya