Ridwan Kamil Ingin Bangun Hunian di Atas Pasar Ternak Tanah Abang

Ridwan Kamil kembali kenalkan Program Dana RW

Intinya Sih...

  • Ridwan Kamil ingin revitalisasi Pasar Ternak Kambing dan Sapi, Tanah Abang, sebagai bagian dari program pembangunan RIDO.
  • Revitalisasi juga akan mencakup tempat tinggal pekerja dan tempat interaksi sosial warga Tanah Abang.

Jakarta, IDN Times - Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil mengungkap wacana ingin melakukan revitalisasi Pasar Ternak Kambing dan Sapi, Tanah Abang. Revitalisasi ini dianggap akan jadi bagian program pembangunan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar.

Gagasan ini disampaikan Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil saat beraudiensi dengan warga dan pedagang hewan potong di Pasar Ternak, Jalan Sabeni Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (15/9/2024).

“Saya hadir di sini untuk bersilaturahmi. Dari sini, saya mendapatkan banyak sekali aspirasi, curhatan warga yang akan dimasukkan ke visi-misi. Jakarta boleh jadi kota global, tetapi sejarah jangan dilupakan. Apalagi Tanah Abang sudah menjadi pusat kehidupan ekonomi maupun budaya sejak lampau,” ujarnya.

Baca Juga: Visi dan Misi Ridwan Kamil-Suswono Beserta Isu Strategis

1. Ridwan Kamil akan jadikan Pasar Ternak Tanah Abang multifungsi, termasuk hunian

Ridwan Kamil Ingin Bangun Hunian di Atas Pasar Ternak Tanah Abang

Pria yang kini dipanggil Bang Emil itu menilai, jika harga bidang tanah yang ingin dibangun terlalu mahal, maka bangunan yang akan berdiri di atasnya harus bersifat multifungsi.

Selain pasar, bangunan yang akan direvitalisasi juga berfungsi tempat tinggal pekerja sekaligus tempat interaksi sosial warga Tanah Abang, terutama mereka yang tinggal di Jalan Raya Sabeni. 

Baca Juga: Ridwan Kamil-Suswono Ditargetkan Menang 1 Putaran di Pilkada Jakarta

2. Masalah bisa diatasi dengan libatkan warga

Ridwan Kamil Ingin Bangun Hunian di Atas Pasar Ternak Tanah AbangBakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil bersama kelompok disabilitas di kawasan Jakarta Pusat (13/9/2024). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pada kesempatan itu, Ridwan Kamil juga menampung berbagai curhatan warga mengenai permasalahan pengelolaan sampah yang belum optimal hingga kebersihan sungai.

Ia meyakini, berbagai permasalahan warga tersebut dapat teratasi dengan melibatkan warga dalam penyusunan program pembangunan.

“Jadi usulan itu datangnya dari bawah. Tidak melulu top down. Karena yang lebih memahami kebutuhannya adalah warga sendiri,” terangnya. 

Baca Juga: Visi dan Misi Ridwan Kamil-Suswono Beserta Isu Strategis

3. Salah satu pelibatan masyarakat adalah dengan program dana RW

Ridwan Kamil Ingin Bangun Hunian di Atas Pasar Ternak Tanah AbangMantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (IDN Times/Tata Firza)

Ridwan Kamil menyampaikan, salah satu pelibatan masyarakat adalah dengan Program Dana RW sehingga masyarakat bisa mengelola secara mandiri lingkungannya. Dana itu dapat digunakan untuk membeli gerobak atau tempat sampah, membiayai manajemen sampah, hingga melakukan berbagai peningkatan fasilitas umum lainnya. 

"Kabar baiknya, bapak-ibu di sini nanti bisa berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui Program Dana RW yang kami usung," tuturnya.

“Jadi yang tentuin penggunaan anggarannya adalah warga dengan musyawarah mufakat sesuai dengan Sila ke-4 Pancasila,” imbuh dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil-Suswono Ditargetkan Menang 1 Putaran di Pilkada Jakarta

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya