Ridwan Kamil Akan Ubah Lahan Eks Pemerintah Disulap Jadi Rumah Rakyat

Ridwan Kamil ingin buat perumahan warga di lahan sempit

Jakarta, IDN Times - Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil, mengungkap wacana membuat program hunian bagi anak muda di lahan sempit Jakarta.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, kepemilikan tempat tinggal jadi salah satu masalah yang dihadapi anak muda di Jakarta, lantaran lahannya yang terbatas dan tingginya harga properti. 

"Tentu sudah disampaikan problemnya sama kami amati khusus anak muda itu kepemilikan rumah," kata Ridwan Kamil saat memaparkan program di Markas Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran kluster Fanta, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2024).

1. Arahan Prabowo kepada Ridwan Kamil

Ridwan Kamil Akan Ubah Lahan Eks Pemerintah Disulap Jadi Rumah RakyatMenteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika terima telepon dari Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol. (Dokumentasi Media Menhan)

Ridwan Kamil mengaku mendapat arahan langsung dari Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto untuk membuat lahan pemerintah yang tidak terpakai di Jakarta, disulap menjadi perumahan rakyat.

Selain itu, Prabowo juga meminta agar Ridwan Kamil memanfaatkan lahan sempit untuk perumahan warga Jakarta. Misalnya, membangun rumah vertikal di atas pasar, jalan, hingga stasiun.

"Jadi salah satu gagasan dan arahan Pak Prabowo salah taunya adalah Jakarta, 'tolong membuat perumahan di tengah kota'. Tapi tanahnya habis, maka nanti coba upayakan membangun di atas pasar-pasar Jakarta, di atas Stasiun Manggarai, Dukuh Atas, di atas Tanah Abang, Djuanda, dan lain-lain. Lahan-lahan pemerintahan yang ditinggal ke IKN, Pak Prabowo menyampaikan untuk perumahan rakyat," katanya.

"Secinta itu Prabowo kepada yang nomer satu, jadi presiden yang peduli dengan perumahan rakyat Jakarta. Vertikal ya, termasuk gagasan membangun di atas jalan dan lain sebagainya, itu akan menjadi prioritas," sambung Ridwan Kamil.

Baca Juga: Ridwan Kamil Mau Jadikan Jakut Ala Dubai, Dharma: Kepentingan Siapa?

2. Ridwan Kamil soroti anak muda beli rumah di luar Jakarta

Ridwan Kamil Akan Ubah Lahan Eks Pemerintah Disulap Jadi Rumah RakyatBakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil mengunjungi markas TKN Fanta Prabowo-Gibran, Jakpus (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Mantan gubernur Jawa Barat itu menyebut, warga yang tak mampu beli tanah dan rumah di sekitaran Jakarta, akhirnya harus tinggal di sekitar wilayah Jakarta. Dia meyakini jarak yang jauh dari rumah menuju kantor membuat kesehatan mental warga terganggu.

"Salah satu problem di Jakarta adalah jarak rumah ke tempat kerja terlalu jauh, karena terlalu jauh terjadi. Yang membuat orang akhirnya stres, membuat penghasilan warga Jakarta 30 persen habis di transportasi oleh yang membuat polusi menjadi kota ketiga terburuk di dunia, betul?" ungkap Ridwan Kamil.

Baca Juga: Strategi Ridwan Kamil Curi Hati Basis Anies di Pilkada Jakarta 2024

3. Ridwan Kamil janji perjuangkan kepentingan anak muda Jakarta

Ridwan Kamil Akan Ubah Lahan Eks Pemerintah Disulap Jadi Rumah RakyatCalon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil - Suswono saat mendaftar ke KPU DKI Jakarta pada Rabu (28/8/2024). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, pria yang kini mulai akrab disapa Bang Emil itu mengklaim akan terus memperjuangkan kepentingan anak muda. Terutama terkait pekerjaan dan tempat tinggal.

"Harapan-harapan itu yang akan diperjuangkan ya, supaya anak-anak muda yang penghasilannya masih pemula bisa pindah di tengah kota dengan keterjangkauan," ujar Ridwan Kamil.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya