PSI Bantah Ada Kesepakatan ke Golkar soal Duet Kaesang-Jusuf Hamka

Kaesang belum tentukan sikap

Intinya Sih...

  • DPP PSI tidak ada kesepakatan dengan Golkar soal mengusung Kaesang dan Jusuf Hamka di Pilkada DKI Jakarta 2024.
  • Pertemuan Golkar dan PSI membahas kerja sama di pilkada beberapa daerah, fraksi di daerah, dan kerja sama pendidikan politik.
  • Kaesang belum tentukan sikap untuk maju di Pilkada 2024, PSI akan mencermati dinamika politik yang terjadi.

Jakarta, IDN Times - Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (DPP PSI) menegaskan tidak ada kesepakan dengan Partai Golkar soal mengusung duet Kaesang Pangarep dan Jusuf Hamka di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

“Dalam pertemuan belum ada kesepakatan final di antara kedua partai untuk bersama mengusung Mas Kaesang dan Pak Jusuf Hamka. Ide itu memang disampaikan Golkar dalam pertemuan, namun tidak ada kesepakatan terkait usulan itu,” Wakil Ketua Umum DPP PSI, Andy Budiman, dalam keterangannya, Sabtu (13/7/2024).

Baca Juga: Masuk Radar PSI Pilkada, Heru: Saya Akan Kerja Lebih Baik untuk Jakarta

1. Pertemuan PSI dan Golkar hanya bahas kerja sama pilkada di beberapa daerah

PSI Bantah Ada Kesepakatan ke Golkar soal Duet Kaesang-Jusuf HamkaKetum Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketum PSI, Kaesang Pangarep ketika memberikan keterangan pers di DPP Golkar (IDN Times/Santi Dewi)

Andy menjelaskan, pertemuan Golkar dan PSI pada Kamis (11/7/2024), secara umum hanya membahas kerja sama dengan Golkar di pilkada beberapa daerah.

Selain itu, meningkatkan kerja sama strategis terkait pembentukan fraksi di daerah dan kerja sama pendidikan politik di antara kedua partai.

Baca Juga: Nama-Nama Usulan PSI buat Pilkada DKI, Ada Deddy Corbuzier dan Basuki

2. Kaesang belum tentukan sikap

PSI Bantah Ada Kesepakatan ke Golkar soal Duet Kaesang-Jusuf HamkaKetua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep. (www.instagram.com/@kaesangp)

Andy memastikan, Kaesang sejauh ini belum mengambil keputusan untuk maju di Pilkada 2024. PSI sendiri tak akan buru-buru dalam mengambil keputusan. Partai berlambang bunga mawar itu akan mencermati dinamika politik yang terjadi.

“Sampai saat ini Ketua Umum DPP PSI, Mas Kaesang Pangarep belum mengambil keputusan terkait rencana maju di dalam Pilkada. Kita tidak akan terburu-buru dan akan mencermati situasi politik dan mendengar suara masyarakat terkait hal ini,” ucap Andy.

Baca Juga: Golkar Siap Duetkan Kaesang dan Jusuf Hamka jika Maju Pilkada Jakarta

3. KIM tetap akan dukung kandidat berdasarkan survei

PSI Bantah Ada Kesepakatan ke Golkar soal Duet Kaesang-Jusuf HamkaIlustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, parpol pendukung Prabowo-Gibran yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) kemungkinan besar juga akan kompak membangun koalisi di Pilkada DKI Jakarta 2024.

KIM menjadikan hasil survei dan elektabilitas kandidat untuk mempertimbangkan paslon yang akan didukung.

“Selain itu, Mas Kaesang juga menyampaikan di depan media bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan tetap rasional menjatuhkan pilihan berdasarkan survei dan sementara ini Kang Emil yang juga kader Golkar menempati peringkat pertama,” ucap Andy.

Baca Juga: Profil Jusuf Hamka, Bos Tol Diusulkan Dampingi Kaesang di Pilgub DKI

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya