Profil Mochammad Afifuddin, Ketua KPU Baru Pengganti Hasyim Asy'ari

Afifuddin punya berbagai sepak terjang di kepemiluan

Intinya Sih...

  • Mochammad Afifuddin resmi menjadi Ketua KPU RI setelah disepakati secara musyawarah oleh enam Komisioner KPU dan Sekjen KPU RI.
  • Afifuddin lahir pada 1 Februari 1980 di Sidoarjo, aktif di lembaga intra dan ekstra kampus, serta pernah menjadi dosen tidak tetap di Jurusan Ilmu Politik, FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Jakarta, IDN Times - Mochammad Afifuddin resmi menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Hal itu disampaikan oleh August Mellaz sebelum memulai rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara tingkat nasional serta penetapan hasil Pemilu 2024, pasca keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Mellaz mengatakan, penetapan Afifuddin sudah disepakati secara musyawarah oleh enam Komisioner KPU dan Sekjen KPU RI, Bernard Dermawan Sutrisno.

"Mengingat kebutuhan-kebutuhan organisasi dan tanggung jawab organisasi ke depan, kami menyepakati pada pleno yang kami lakukan beberapa saat sebelumnya untuk menetapkan Pak Mochammad Afifuddin sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum secara definitif," ujar Mellaz di kantor KPU RI, Minggu (28/7/2024).

Lantas siapa sebenarnya Afifuddin? Simak profil dan latarbelakangnya!

1. Afifuddin lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Profil Mochammad Afifuddin, Ketua KPU Baru Pengganti Hasyim Asy'ariMochammad Afifuddin Resmi Jadi Ketua KPU RI (YouTube.com/KPU RI)

Berdasarkan keterangan dari situs KPU, Mochammad Afifuddin, biasa disapa Afif lahir pada 1 Februari 1980 di Sidoarjo, Jawa Timur. Sejak mahasiswa, ia dikenal aktif di lembaga intra dan ekstra kampus.

Ia pernah menjadi Presiden Mahasiswa (BEM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2000-2001 dan Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Setamat dari UIN (2004), Afif mengabdi di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) UIN membidangi isu Islam dan Demokrasi sambil melanjutkan studi ke Magister Manajemen Komunikasi Politik di UI (2005-2007).

Baca Juga: Mochammad Afifuddin Resmi Jadi Ketua KPU RI

2. Afifuddin pernah jadi koordinator JPPR

Profil Mochammad Afifuddin, Ketua KPU Baru Pengganti Hasyim Asy'ariPlt Ketua KPU RI, Mochammad Afifuddin (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Afifuddin aktif bergulat dalam aktivitas kepemiluan mulai dari menjadi relawan pemantau di TPS pada Pemilu 1999 sampai menjadi Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) periode 2013 sampai 2015.

Ia pernah menjadi dosen tidak tetap di Jurusan Ilmu Politik, FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 2015-2017. Pada 2017, Afif terpilih sebagai anggota Bawaslu RI dan membidangi Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga.

Beragam upaya pencegahan potensi pelanggaran pemilu dengan mengeluarkan Indeks Kerawanan Pemilu, pengawasan tahapan pemilu, sosialisasi kebijakan Bawaslu, serta mempererat hubungan antarlembaga menjadi tugas utamanya hingga berakhir masa purna tugas pada 2022.

Baca Juga: Jadi Plt Ketua KPU, Afifuddin: Innalillahi, Bismillah

3. Pernah jadi Anggota DKPP

Profil Mochammad Afifuddin, Ketua KPU Baru Pengganti Hasyim Asy'ariLambang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang terpajang di Kantor DKPP, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pada akhir masa purna tugas di Bawaslu, ia juga menjalankan tugas sebagai Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), ex officio perwakilan dari unsur Bawaslu RI, tahun 2020-2022.

Amanah baru yang diemban sekarang sebagai Anggota KPU RI Periode 2022-2027, selaku Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan serta Wakil Ketua Divisi Data dan Informasi. Afifuddin kemudian dipercaya sebagai Ketua KPU definitif menggantikan Hasyim Asy'ari yang dipecat karena terlibat tindak asusila.

Topik:

  • Jujuk Ernawati
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya