Profil Letjen TNI Purn AM Putranto, Rekan Seangkatan Andika Perkasa

Pangkat terakhir AM Putranto adalah Letjen TNI

Jakarta, IDN Times - Letjen TNI (Purn) Anto Mukti (AM) Putranto dipercaya menjadi Ketua Tim Sukses (Timses) bakal pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen pada Pilkada 2024.

Putranto menyebut, dirinya ditugaskan langsung oleh Presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, untuk menjadi ketua timses Luthfi-Yasin.

"Saya ditugasi Pak Prabowo untuk membantu memenangkan pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen," kata dia dalam deklarasi pembentukan Tim Pemenangan Luthfi-Yasin bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 7 September 2024.

Baca Juga: Profil Bobby Nasution, Menantu Jokowi Mengincar Kursi Sumut 1

1. Profil Letjen TNI Purn AM Putranto

Profil Letjen TNI Purn AM Putranto, Rekan Seangkatan Andika Perkasa(Instagram/AM Putranto)

Adapun, Letjen TNI (Purn) AM Putranto merupakan salah seorang purnawirawan Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat (AD).

Sebelum pensiun di militer, jabatan terakhir yang diembannya ialah Letnan Jenderal di Dankodiklatad dengan pangkat bintang tiga.

Putranto mengawali karier di dunia militer usai lulus Akademi Militer (Akmil) pada 1987. Saat pendidikan Akmil itu, ia rekan seangkatan dengan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) yang kini juga menjadi bakal calon Gubernur Jateng, Andika Perkasa.

Ia juga tercatat menempuh berbagai pendidikan militer, di antaranya Sus Sarcab Infanteri pada 1987, Suslapa I Inf pada 1993, Diklapa II/Inf pada 1997, dan Seskoad pada 2000. Lalu terakhir di Sesko TNI pada 2011.

Putranto mengawali dinas militernya sebagai Danton, Dankima, Dankipan, Kasilog hingga Kasipers di Yonif Linud 612/MD (1987-1995). 

Dua tahun berselang, ia menyelesaikan pendidikan Diklapa II Infanteri dan menjabat sebagai Gumil Gol VI di Pusdikif.

AM Putranto juga tercatat sempat menjabat sebagai Danbrigif Linud 18/Trisula pada 2009. Kariernya semakin moncer, ia secara bertahap ditunjuk menjadi Danmentar Akmil (2011), Danrem 061/Surya Kencana (2012), Paban VI/Binorg Srenad (2012) hingga Dan PMPP TNI (2013-2016). 

Setelah promosi mendapat bintang dua, Putranto langsung dipercaya sebagai Panglima Divisi 1/Kostrad pada 2016. Setahun berselang, Putranto ditunjuk menjadi Pangdam II/Sriwijaya pada 2017 sampai 2018. 

Baca Juga: Profil Andra Soni, Cagub di Pilkada Banten

2. Putranto dipercaya sebagai Asisten Khusus Menhan

Profil Letjen TNI Purn AM Putranto, Rekan Seangkatan Andika Perkasa(Instagram/AM Putranto)

Terakhir, Putranto menempati posisi Dankodiklatad menggantikan Andika Perkasa pada 2018 hingga 2022. 

Setelah purnawirawan dari militer, Putranto langsung dipercaya sebagai Asisten Khusus Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto.

Baca Juga: Jadi Timses Luthfi-Yasin, AM Putranto Minta Jaga Persaudaraan

3. AM Putranto merupakan sahabat Ahmad Luthfi

Profil Letjen TNI Purn AM Putranto, Rekan Seangkatan Andika PerkasaPasangan Calon Gubernur Jateng dan Wakil Gubernur Jateng, Ahmad Luthfi-Taj Yasin mendaftar ke KPU Jateng, Rabu (28/8/2024). (captured youtube KPU Jateng)

Sekretaris Dewan Pertimbangan Golkar Jateng, Iqbal Wibisono, mengungkapkan AM Putranto merupakan sahabat Ahmad Luthfi, sehingga yang ia memahami kebutuhan Luthfi dalam meraih simpati warga Jateng. 

"Tim pemenangan ketuanya Jenderal Putranto dilengkapi para pimpinan partai yang tergabung dalam koalisi pendukung Pak Ahmad Luthfi dan Gus Yasin. Hari ini kami resmikan dengan acara deklarasi besar-besaran," kata Iqbal kepada IDN Times

Topik:

  • Rochmanudin
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya