Prabowo-Gibran Dinilai Beri Harapan Generasi Muda Mengabdi ke Negara

Gibran dinilai sebagai stimulus regenerasi kepemimpinan

Jakarta, IDN Times - Pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dinilai mampu menghidupkan harapan bagi anak muda untuk mengabdi kepada negara.

Direktur Eksekutif Ethical Politics, Hasyibulloh Mulyawan, menuturkan asa generasi muda di Indonesia untuk mengabdi kepada negara meningkat setelah Prabowo memutuskan menggandeng Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Saya melihat ketika Prabowo berpasangan dengan Gibran ini memberikan harapan bagi generasi muda juga bisa punya peluang untuk memimpin Indonesia," kata dia dalam keterangannya, Senin (30/10/2023).

1. Kehadiran Gibran stimulus regenerasi

Prabowo-Gibran Dinilai Beri Harapan Generasi Muda Mengabdi ke NegaraPrabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat mendaftar sebagai capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Mulyawan menuturkan hadirnya sosok Gibran akan menstimulus regenerasi kepemimpinan di Indonesia. Bukan tak mungkin dalam waktu dekat akan banyak bermunculan pemuda lain yang berkompeten dan berprestasi seperti masuk ke gelanggang kepemimpinan nasional.

Oleh sebabnya, Mulyawan menegaskan keputusan Prabowo merupakan bukti nyata keberpihakan terhadap kepemimpinan generasi muda dan regenerasi kepemimpinan Indonesia selanjutnya.

"Itu adalah dukungan generasi muda yang menginginkan adanya estafet kepemimpinan," ungkap Mulyawan.

Baca Juga: Jokowi Disebut 17 Kali di Dokumen Visi, Misi, Program Prabowo-Gibran

2. Prabowo dan Gibran saling melengkapi

Prabowo-Gibran Dinilai Beri Harapan Generasi Muda Mengabdi ke NegaraPrabowo-Gibran diarak jelang pendaftaran ke KPU pada Rabu (25/10/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Di samping itu, prestasi Gibran di Solo juga bisa menjadi acuan bagi kepemimpinan pemuda di Indonesia. 

Pertumbuhan positif ekonomi Kota Solo merupakan dampak dari kebijakan Gibran yang berupaya mendorong pengembangan sektor pariwisata. Dia berhasil mengoptimalkan berbagai potensi wisata di kota tersebut, termasuk seni dan budaya, kuliner, dan tempat-tempat bersejarah.

Maka dari itu Mulyawan menegaskan latar belakang yang dimiliki oleh Prabowo dan Gibran saling melengkapi untuk kepemimpinan Indonesia selanjutnya. 

Di mana Prabowo memiliki latar belakang negarawan dan berkompeten dalam politik dalam serta luar negeri, sedangkan Gibran berkompeten dalam menggerakkan sektor perekonomian masyarakat.

“Mereka saling melengkapi dengan latar belakang pengusaha dan militer serta birokrasi,” tutur Mulyawan.

Baca Juga: Fenomena Penolakan Gibran Maju di 2024 Dinilai Kerdilkan Anak Muda

3. Prabowo dan Gibran lolos pemeriksaan kesehatan

Prabowo-Gibran Dinilai Beri Harapan Generasi Muda Mengabdi ke NegaraPrabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat menjalani tes pemeriksaan kesehatan sebagai capres-cawapres di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat (26/10/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebagaimana diketahui, pasangan Prabowo dan Gibran sudah mendaftarkan diri ke KPU, sebagai calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) 2024. Mereka mendaftar pada Rabu (25/10/2023).

Prabowo-Gibran juga sudah menjalani tes kesehatan sebagai capres-cawapres di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (26/10/2023) pagi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan, seluruh paslon presiden dan wakil presiden yang mendaftar lolos pemeriksaan kesehatan.

"Menurut hasil pemeriksaan dinyatakan bahwa mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Dan juga dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, membacakan hasil pemeriksaan kesehatan ketiga paslon di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Baca Juga: Relawan Gibran Berkopiah Incar Suara NU Menangkan Prabowo-Gibran

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya