Prabowo Dinilai Figur Jalan Tengah, Mampu Diterima Semua Golongan

Cawapres KIM mengerucut jadi empat nama

Jakarta, IDN Times - Direktur Eksekutif Partner Politics, AB Solissa, menilai calon presiden (capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, sebagai sosok pemimpin jalan tengah.

Prabowo dinilai sebagai figur yang mudah diterima semua kelompok dan golongan masyarakat. Sebab, kata Solissa, Menteri Pertahanan (Menhan) itu dianggap sebagai figur yang punya karkater merangkul semua spektrum politik di Indonesia.

Baca Juga: Anies Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke Prabowo, Doakan Tetap Sehat

1. Prabowo dianggap sebagai figur moderat

Prabowo Dinilai Figur Jalan Tengah, Mampu Diterima Semua GolonganKetua Umum Gerindra, Prabowo Subianto saat konferensi pers di depan rumahnya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Solissa menuturkan, sikap Prabowo yang merangkul berbagai kalangan itu menjadikannya kandidat yang potensial memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Selain itu, Prabowo juga dianggap sebagai sosok moderat, sehingga mudah masuk ke kelompok manapun.

"Prabowo dianggap sebagai sosok moderat yang membuat dirinya diterima oleh semua kelompok, baik kiri maupun kanan," kata dia dalam keterangannya, Selasa (17/10/2023).

Selain dianggap sebagai representasi politik jalan tengah, Prabowo juga dianggap sebagai pemimpin pemersatu bangsa dan negara.

"Positioning Prabowo ini yang membuat dia kuat di survei dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan," ujar Solissa.

Baca Juga: Jokowi Curhat ke Yusril, Sebut Gibran Belum Tentu Mau Jadi Cawapres

2. Indonesia butuh pemimpin yang tegas

Prabowo Dinilai Figur Jalan Tengah, Mampu Diterima Semua GolonganIlustrasi pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Lebih lanjut, kata Solissa, saat ini Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang bisa merangkul semua elemen masyarakat. Menurutnya, pemimpin Indonesia pada 2024 harus bisa tegas dalam mengambil keputusan di atas semua spektrum politik.

"Saat ini, rakyat Indonesia butuh figur pemimpin yang bisa berdiri di atas semua spektrum politik, tanpa membedakan satu sama lain," kata dia.

3. Cawapres Prabowo mengerucut jadi empat nama, ada dari Jawa dan luar Jawa

Prabowo Dinilai Figur Jalan Tengah, Mampu Diterima Semua GolonganJajaran ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) usai menggelar pertemuan di rumah Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Prabowo menyebutkan, bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024 sudah mengerucut ke empat nama. Menurut dia, keempat nama tersebut merupakan hasil diskusi dengan ketua umum partai politik anggota KIM.

"Tentang cawapres kita juga tadi melaksanakan diskusi, di mana setiap ketua partai menyampaikan pandangan-pandangannya, yang akhirnya kita malam hari ini sudah mengerucut menjadi empat nama," kata Prabowo, usai menggelar pertemuan dengan ketua umum parpol anggota KIM di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat malam, 13 Oktober 2023.

Mantan Danjen Kopassus itu memaparkan, empat nama cawapres tersebut ada yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan luar Jawa.

"Empat nama yang bisa disampaikan adalah satu calon dari luar Jawa, satu calon dari Jawa Barat, satu calon dari Jawa Tengah, satu calon dari Jawa Timur," ujar Prabowo.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/zCl38z3ne2c

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya