PKS Yakin Syaikhu-Ilham Menang di Jabar meski Elektabilitas Rendah

Pilkada Jabar selalu ada kejutan

Intinya Sih...

  • PKS optimistis pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie bisa menang di Pilkada Jabar 2024 meskipun elektabilitas rendah.
  • PKS mengacu pada pengalaman sebelumnya saat Ahmad Heryawan (Aher) dengan elektabilitas rendah berhasil menang.
  • Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan elektabilitas Syaikhu-Ilham Habibie meningkat menjadi 10,98 persen dari awal hanya satu persen.

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Mabruri menegaskan, pihaknya tetap optimistis pasangan Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie mampu memenangkan Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024.

Hal tersebut disampaikan Mabruri saat ditanya mengenai elektabilitas Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie yang rendah di Jawa Barat.

Baca Juga: PKS Gelar Rakernas di Jakarta, Bakal Bahas Struktur Pengurus Baru

1. PKS pernah menangkan pilkada meski elektabilitasnya rendah

PKS Yakin Syaikhu-Ilham Menang di Jabar meski Elektabilitas RendahKPU gelar simulasi pemungutan suara Pilkada 2024 di Maros, Sulsel (15/9/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Mabruri mengatakan, PKS pernah mengalami kondisi serupa di Pilkada Jabar sebelumnya saat mencalonkan Ahmad Heryawan (Aher). Kala itu elektabilitas Aher rendah, tetapi berhasil menang.

"Ya di jabar memang polanya seperti itu, ya. Kita juga sudah pernah mengalami karena Pak Ahmad Heryawan selalu di tempatkan di survei nomor paling buncit, tetapi ketika hasil pilkadanya selalu menang di urutan pertama," kata Mabruri di DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis (19/9/2024).

Baca Juga: Prabowo Batal Hadiri Rapimnas PKS karena Ada Tugas ke Filipina

2. PKS harap elektabilitas Syaiku-Ilham bisa meningkat

PKS Yakin Syaikhu-Ilham Menang di Jabar meski Elektabilitas Rendah(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

PKS berharap elektabilitas Syaikhu-Ilham bisa terus meningkat hingga pemungutan suara Pilkada 2024 yang digelar pada November.

"Mudah-mudahan di Pilkada Jabar besok juga seperti itu, walaupun hasil surveinya paling kecil, tapi yang akan terpilih adalah Pak Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie," ujar Mabruri. 

Baca Juga: Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie Bakal Gandeng Influencer di Pilgub Jabar

3. Elektabilitas Syaikhu-Ilham terus meningkat

PKS Yakin Syaikhu-Ilham Menang di Jabar meski Elektabilitas RendahPoster paslon Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie di Pilkada Jawa Barat 2024. (Tangkapan layar X Tifatul Sembiring)

Sementara, juru bicara PKS lainnya, Pipin Sofyan menawarkan pada awal diumumkan, elektabilitas Syaikhu-Ilham memang hanya satu persen. 

Namun hanya dalam hitungan hari, elektabilitas keduanya bisa menembus di angka dua digit. Ia menyebut, bukan tidak mungkin akan ada kejutan ke depannya.

"Jadi ini sebetulnya progres yang luar biasa untuk pasangan Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie, dan insya Allah saya kira di Jawa Barat akan selalu ada kejutan yang insya Allah dilakukan oleh PKS bersama dengan para kader dan simpatisan. Jadi kami optimistis untuk di Jawa Barat dan Jakarta dan juga di daerah-daerah lain, kader PKS bisa memenangkan pertarungan pilkada," imbuhnya.

Sebelumnya, Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas pasangan calon pada Pilgub Jawa Barat 2024. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, elektabilitas Dedi-Erwan paling tinggi. Kemudian Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie sebanyak 10,98 persen. 

"Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan kurang lebih 77,81 persen. Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie 10,98 persen, hampir 11 persen, nama yang lain berimbang antara Acep-Gitalis dan Jeje-Ronald 2,24 persen, angka berikutnya lebih tinggi sedikit antara Acep dan Gitalis," ujar dia dalam rilis survei.

Survei itu dilakukan pada periode 2 sampai 8 September 2024 dengan melibatkan 1.200 responden dari seluruh provinsi Jawa Barat. 

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya