Pengamat Nilai Erick Thohir Cocok Jadi Cawapres Koalisi Besar

Koalisi besar terdiri dari gabungan KKIR dan KIB

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik Emrus Sihombing menilai Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai figur calon wakil presiden (cawapres) tepat untuk oleh berbagai partai politik (parpol) yang tergabung dalam koalisi besar.

Koalisi yang belakangan disebut sebagai Koalisi Kebangsaan itu, dianggap efektif jika mendorong Erick Thohir pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Baca Juga: Zulhas Tegaskan PAN Belum Dukung Sosok Capres Koalisi Besar

1. Berasal dari non parpol, Erick Thohir dinilai bisa satukan koalisi besar

Pengamat Nilai Erick Thohir Cocok Jadi Cawapres Koalisi BesarPengamat Komunikasi Politik Emrus Sihombing (Dok.IDN Times/istimewa)

Emrus menuturkan, kehadiran Erick Thohir yang bukan kader partai menjadi nilai positif yang bisa menjadi jalan tengah untuk menyatukan internal koalisi besar tersebut.

Di sisi lain, Ketua Umum PSSI itu dianggap memiliki rekam jejak yang baik. Sehingga Emrus memprediksi dipilihnya Erick sebagai cawapres bakal membuat koalisi tersebut semakin solid.

“Erick Thohir akan meminimalisir terjadinya konflik di internal koalisi karena dia non partai. Artinya memilih Erick sebagai cawapres adalah upaya untuk membuat koalisi ini semakin solid,” ujar Emrus dalam keterangannya, Jumat (14/4/2023).

Baca Juga: Projo Ungkap Alasan Banyak Parpol dan Bakal Capres Dekati Jokowi

2. Erick punya hubungan baik dengan ketum parpol

Pengamat Nilai Erick Thohir Cocok Jadi Cawapres Koalisi BesarPembahasan koalisi besar bersama Presiden Jokowi (dok. PAN)

Emrus juga mengatakan, Erick juga mempunyai pengalaman di dunia politik, dia dipercaya sebagai ketua kampanye sebagai Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf. 

Keberadaannya dalam menyatukan visi partai untuk mendorong kepentingan bangsa dianggap sudah teruji.

Menurut dia, Erick juga cenderung akan mudah diterima oleh partai yang berencana gabung Koalisi Kebangsaan. Erick punya kedekatan secara personal dengan para ketua umum partai.

“Erick juga cenderung cukup dekat dengan partai-partai di Koalisi Kebangsaan,” tutur Emrus.

Baca Juga: Prabowo-Moeldoko Jadi Bakal Capres dan Cawapres Pilihan Musra Aceh

3. Erick punya elektabilitas yang cukup baik

Pengamat Nilai Erick Thohir Cocok Jadi Cawapres Koalisi Besarilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Lebih lanjut Emrus menuturkan, Erick juga belakangan memiliki tren elektabilitas yang terus meningkat. Dia digadang-gadang memiliki daya pikat untuk diusung Koalisi Kebangsaan.

“Erick Thohir akan menjadi pilihan ideal untuk koalisi besar ini. Berasal dari profesional, dan memiliki elektabilitas yang baik sebagai cawapres,” tandas dia.

Berdasarkan hasil survei terbaru dari Indo Barometer Erick Thohir merupakan cawapres favorit pilihan masyarakat. Ia memiliki elektabilitas tertinggi sebagai cawapres.

Elektabilitas Erick Thohir terpotret di angka 22,9 persen dan berada di posisi pertama sebagai cawapres. Elektabilitas Eks Presiden Inter Milan ini mengungguli Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar.

Khofifah terekam memiliki elektabilitas sebesar 15,8 persen dan berada di posisi ke dua. Sedangkan Muhaimin berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 6,7 persen. Kemudian, disusul Puan Maharani 6,3 persen dan Chairul Tanjung 2,7 persen.

Survei Indo Barometer itu dilakukan pada 12 sampai 24 Februari 2023. Survei digelar di 33 provinsi yang melibatkan 1.230 responden.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya