Pendukung PSI Dukung Anies dan Ahok di Pilgub, Kaesang: Sangat Pantas

Survei Indikator: banyak pendukung PSI pilih Anies dan Ahok

Intinya Sih...

  • Kaesang Pangarep anggap wajar jika pendukung PSI memilih Anies dan Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2024.
  • Anies dan Ahok dianggap pantas karena sudah berbuat banyak untuk DKI Jakarta menurut Kaesang.
  • Survei Indikator Politik Indonesia: 41,8% pendukung PSI pilih Ahok, 39% pilih Anies, dan 19,2% pilih Ridwan Kamil.

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep buka suara soal hasil survei yang menyebut banyak pendukung PSI memilih Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilkada DKI Jakarta 2024 mendatang.

Putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu mengaku tidak masalah karena fenomena tersebut bagian dari dinamika politik.

"Iya nggak masalah, ini kan hanya dinamika untuk di pilkada khususnya di DKI," kata Kaesang saat ditemui di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Kamis (25/7/2024).

1. Anies dan Ahok sudah berbuat banyak di DKI Jakarta, pantas didukung

Pendukung PSI Dukung Anies dan Ahok di Pilgub, Kaesang: Sangat PantasMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyambangi Kantor DPW PKB DKI Jakarta di kawasan Jakarta Timur (13/6/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menurut Kaesang, hal tersebut wajar karena Anies dan Ahok sama-sama sudah mengabdi saat menjadi gubernur maupun wakil gubernur di DKI Jakarta.

"Saya rasa kedua orang ini Pak Anies bersama Pak Ahok kan sudah berbuat sangat banyak untuk DKI, yang dimana di kedepannya akan menjadi DKJ. Jadi saya rasa beliau-beliau berdua ini emang sangatlah pantas kalau misalnya konstituen PSI memilih Pak Anies dan Pak Ahok," imbuh Kaesang.

Baca Juga: PSI Kaget, Survei Sebut Banyak Pendukungnya Pilih Anies di Pilgub DKI

2. PSI terkejut survei pendukung PSI banyak pilih Anies

Pendukung PSI Dukung Anies dan Ahok di Pilgub, Kaesang: Sangat PantasIlustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Ketua DPP PSI, Cheryl Tanzil mengaku terkejut dengan hasil survei yang menunjukkan bahwa banyak pendukung partainya yang memilih Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Cheryl saat menanggapi survei terbaru Indikator Politik Indonesia terkait elektabilitas kandidat di Pilkada DKI Jakarta.

"Tadi saya cukup terkejut juga tuh dengan (survei) hasil yang pilihan partai," kata dia dalam konferensi pers rilis survei, Kamis (25/7/2024).

"Kaget juga gitu ternyata banyak juga pendukung PSI memilih Pak Anies," sambungnya.

Adapun pendukung PSI yang memilih Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sedikit lebih banyak ketimbang memilih Anies.

"PSI ternyata yang milih Pak Anies dengan Pak Ahok bedanya hanya kalo gak salah satu persenan," tuturnya.

Baca Juga: Survei: Anies Menang Saat Head to Head dengan Ridwan Kamil dan Ahok

3. Pendukung PSI pilih Ahok 41,8 persen, sementara yang pilih Anies 39 persen

Pendukung PSI Dukung Anies dan Ahok di Pilgub, Kaesang: Sangat PantasIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara, Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Rizka Halida menjelaskan bahwa dalam surveinya, pendukung PSI yang memilih Ahok ada 41,8 persen. 

Jumlah tersebut unggul tipis ketimbang pendukung PSI yang pilih Anies (39 persen). Sementara sisanya, sebesar 19,2 persen memilih Ridwan Kamil.

"Untuk (pendukung) PSI, cenderung ke Ahok 41,8 walaupun cukup banyak juga yang mendukung Anies Baswedan 39,0 persen," jelas Rizka.

Adapun survei tersebut dilakukan 18 sampai 26 Juni 2024 lalu. Populasi survei ini adalah seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) di Jakarta yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 800 orang. 

Dengan asumsi memiliki toleransi kesalahan (margin of error-MoE) sekitar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh Kota di Jakarta yang terdistribusi secara proporsional. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya