Pemuda Banjarmasin Deklarasi Dukung Gibran Jadi Cawapres

Gibran dinilai sebagai figur berintegritas

Jakarta, IDN Times - Ratusan pemuda Banjarmasin, Kalimantan Selatan dari berbagai latar belakang mendeklarasikan dukungan terhadap Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) di 2024.

Sekelompok anak muda itu tergabung dalam Solidaritas Lintas Pemuda Banua (SLPB). Mereka menggelar panggung orasi bertajuk "Solidaritas Lintas Pemuda Banua bersama Mas Gibran, Pemimpin Muda Harapan Pemuda."

Baca Juga: Survei: Elektabilitas Prabowo Unggul dari Anies dan Ganjar di Jabar

1. Anak muda harus bisa rebut kepemimpinan nasional

Pemuda Banjarmasin Deklarasi Dukung Gibran Jadi CawapresSolidaritas Lintas Pemuda Banua (SLPB) menggelar panggung orasi bertajuk "Solidaritas Lintas Pemuda Banua bersama Mas Gibran, Pemimpin Muda Harapan Pemuda" (dok. Istimewa)

Secara bergantian, lima orang perwakilan pemuda dari berbagai latar belakang meliputi mahasiswa, ojek, petani, pecinta motor, dan buruh, menyampaikan orasi dukungan kepada Gibran. Selanjutnya mereka menggelar diskusi singkat.

Inisiator sekaligus Koordinator SLPB Ahmad Saugi menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai wadah berekspresi para pemuda Kalimantan Selatan dari berbagai latarbelakang. Tujuannya, untuk menyuarakan aspirasi mereka tentang kepemimpinan nasional.

Mereka sepakat bahwa perlu bersolidaritas dan mendorong anak muda untuk merebut kepemimpinan nasional. Agar isu dan kepentingan pemuda bisa semakin diberdayakan.

"Oleh karenanya kami memyatakan, mendukung penuh mas Gibran untuk menjadi pemimpin masa depan, minimal jadi Wakil Presiden," kata Saugi di Cafe Arwana, Banjarmasin, Selasa (10/10/2023) sore.

Baca Juga: Jurus Sakti Kaesang Jaring Aspirasi Kader PSI Soal Capres

2. Gibran dinilai sebagai anak muda yang punya integritas

Pemuda Banjarmasin Deklarasi Dukung Gibran Jadi CawapresWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Saugi lantas menilai alasan pihaknya mendukung Gibran menjadi cawapres. Menurutnya, putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu merupakan figur pemimpin muda yang berintegritas dan berpengalaman selama memimpin kota Solo.

"Kami menilai Mas Gibran Rakabuming Raka, salah satu pemuda yang layak untuk menjadi salah satu pemimpin Indonesia ke depan. Mas Gibran adalah gambaran anak muda. Mewakili anak muda," tutur Saugi.

"Seorang pemimpin muda yang berprestasi dan berpengalaman serta memiliki gagasan segar untuk masa depan Indonesia. Sehingga kita tidak perlu ragu lagi, kepentingan anak muda pasti akan diakomodir," lanjut dia.

Baca Juga: Demokrat Ungkap Empat Sosok yang Masuk Radar Cawapres Prabowo

3. Sayap Partai Gerindra Satria deklarasi dukung Prabowo-Gibran maju pilpres

Pemuda Banjarmasin Deklarasi Dukung Gibran Jadi CawapresOrganisasi sayap Partai Gerindra, Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) deklarasi dukung duet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka maju pada Pilpres 2024 (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Organisasi sayap Partai Gerindra, Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Ketua Umum Satria, Bambang Haryadi,  menilai jika Gibran merupakan figur anak muda yang layak maju sebagai cawapres mendampingi capres Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Hari ini kami mendeklarasikan dan mengusulkan kepada Bapak Prabowo dan Koalisi Indonesia Maju untuk mendampingi Pak Prabowo di Pemilu Presiden 2024 adalah Mas Gibran atau yang sering kita sebut Gibran Rakabuming Raka," kata Bambang dalam deklarasi di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2023).

Bambang memastikan, usulan duet Prabowo-Gibran itu merupakan aspirasi dari jajaran pengurus Satria di seluruh daerah.

Salah satu pertimbangan utama Satria mendukung duet Prabowo-Gibran ialah untuk menjaga kondusifitas politik Pemilu 2024. Dia berharap stabilitas politik yang terbangun pasca Pilpres 2019 lalu bisa dilanjutkan.

"Dengan kami mengusulkan Mas Gibran, setidaknya kami berharap ke depan kepemimpinan ini menjadi bagian dua polarisasi yang sudah pernah terjadi, adalah kubu Pak Prabowo dan kubu Pak Jokowi," kata Bambang.

Baca Juga: Gerindra Jabar Resmi Usulkan Gibran Rakabuming Jadi Bacawapres Prabowo

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya