PDIP Temui Gerindra Tawarkan Puan Capres, Ini Tanggapan Cak Imin

Muhaimin dalam waktu dekat bakal temui Puan Maharani

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar buka suara terkait pertemuan Gerindra dan PDIP di Hambalang, Sentul, Jawa Barat pada Minggu (4/9/2022). Kabarnya dalam safari politik itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menawarkan diri sebagai Calon Presiden (capres) 2024 mendatang.

Sebagaimana diketahui, Gerindra memastikan telah berkoalisi dengan PKB. Kepastian koalisi itu diumumkan dalam penandatanganan di acara rapat pimpinan nasional (rapimnas) Gerindra beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Demo Tolak Kenaikan BBM, Buruh Bawa Foto Puan Maharani Nangis

1. Partai yang ingin masuk koalisi harus izin ke Gerindra dan PKB

PDIP Temui Gerindra Tawarkan Puan Capres, Ini Tanggapan Cak IminKetua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Rapimnas Gerindra (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menanggapi hal tersebut, Muhaimin memastikan apabila PDIP ingin berkoalisi dengan Gerindra sudah seharusnya mendapat persetujuan dari pihak PKB. Begitu pula berlaku jika ada partai politik (parpol) lain yang ingin masuk dalam koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) tersebut.

"Iya karena kita sama Gerindra udah tanda tangan untuk semua keputusan adalah di Pak Prabowo sama saya," ujar Cak Imin di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga: Puan Maharani Rajin Safari Politik, Ganjar: Perlu Juga ke Partai Baru

2. Muhaimin bakal temui Puan

PDIP Temui Gerindra Tawarkan Puan Capres, Ini Tanggapan Cak IminKetua DPR Puan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Lebih lanjut pria yang akrab dipanggil Gus Imin ini memastikan bakal berkomunikasi langsung dengan pihak PDIP, terutama Puan Maharani untuk membahas terkait safari politik ke koalisi Gerindra dan PKB.

"Sehingga besok Minggu ini saya ketemu Bu Puan. Khusus empat mata dengan Bu Puan untuk mem-follow up apa yang menjadi ikatan Gerindra dan PKB," imbuh dia.

Baca Juga: Puan Disindir Tak Nangis saat Harga BBM Naik, Begini Respons PDIP

3. Puan temui Gerindra karena ingin diusung jadi capres

PDIP Temui Gerindra Tawarkan Puan Capres, Ini Tanggapan Cak IminKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani berkuda bersama (IDN Times/Istimewa)

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Desmond J Mahesa, menanggapi pertemuan PDIP dengan Gerindra di kediaman Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Hambalang, Jawa Barat, pekan lalu. Dalam kunjungan itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertemu langsung dengan Prabowo.

Desmond mengaku tidak mengetahui banyak terkait pertemuan PDIP dengan Gerindra. Kendati, dari informasi yang dia terima, Puan dikabarkan mau maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

"Saya pertemuan kemarin juga kesimpulannya gak paham, tapi kalau dari omongan, sekali lagi saya ulang, dari omongan yang ada bahwa Puan mau jadi presiden 2024," ujar dia di kompleks parlemen, Senin (5/9/2022).

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya