Nasdem Kemungkinan Usung Kadernya Jadi Capres 2024

Capres disesuaikan dengan keinginan mayoritas masyarakat

Jakarta, IDN Times - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tidak menutup kemungkinan bakal mengusung calon presiden (capres) dari internal partai.

Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Prananda Surya Paloh mengatakan, terkait tokoh yang bakal diusung, akan diumumkan segera pada hari terakhir Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NasDem.

"Ya tunggu saja, kan tinggal dua hari lagi. Tapi saya rasa bisa juga dari internal, tidak menutup kemungkinan," ujar Prananda dalam apel siaga Baret Garda Pemuda NasDem di Senayan, Rabu (15/6/2022) sore.

Baca Juga: Surya Paloh Singgung Pribumi Non-Pribumi saat Buka Rakernas Nasdem

1. NasDem yakin capres yang diusung disetujui calon mitra koalisi

Nasdem Kemungkinan Usung Kadernya Jadi Capres 2024Kampanye Nasdem. Doc/Antarafoto

Prananda mengungkapkan, yakin calon mitra koalisi akan menyetujui sosok capres yang akan diusung NasDem. Alasannya, NasDem tidak asal memilih nama capres, namun mengedepankan keinginan dari mayoritas masyarakat.

"Ya saya rasa pasti akan disetujui, karena suka atau tidak suka yang akan muncul itu adalah yang dikehendaki masyarakat. Jadi bisa dikatakan memang paling tidak, mayoritas masyarakat ingin sosok-sosok itu," kata Prananda.

2. NasDem tegaskan tak berpatok pada hasil survei

Nasdem Kemungkinan Usung Kadernya Jadi Capres 2024Ketua Umum Nasdem Surya Paloh saat membuka acara Rakernas Nasdem di JCC, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Sementara itu, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh menegaskan, dalam menentukan calon presiden (capres) yang diusung, partainya tidak berpatokan pada hasil survei elektabilitas.

NasDem memastikan, selalu membuka kesempatan yang sama bagi anak bangsa yang ingin maju sebagai capres, terutama dalam Pemilu 2024 mendatang. Hanya saja, kata Surya Paloh, sosok capres yang bakal diusung nantinya harus mau memikul tanggung jawab dan mampu memimpin bangsa Indonesia ke arah lebih baik.

"Keseriusan kita tunjukan dengan rakorwil dan menawarkan inisatif konvensi capres. Kita berpandangan hak mencalonkan diri adalah hak bagi setiap warga negara, NasDem ingin memberi ruang seluas-luasnya bagi yang merasa mampu menjadi pemimpin di negeri ini, karena Partai NasDem tak memiliki kecukupan syarat dalam mengajukan syarat mencalonkan sendirian," ujar Surya Paloh dalam Rakernas Partai NasDem di JCC, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

"Partai Nasdem tidak selalu 'membebek' pada hasil-hasil survei dalam menentukan capresnya," dia melanjutkan.

3. Ada tiga nama calon presiden yang siap diusung Nasdem

Nasdem Kemungkinan Usung Kadernya Jadi Capres 2024Ilustrasi capres cawapres (IDN Times/Mardya Shakti)

Surya Paloh mengaku, Partai NasDem tidak memiliki kecukupan syarat dalam mengusung calon presiden tanpa bantuan dari pihak lain. Oleh sebab itu, salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan menjaring aspirasi dari berbagai kalangan.

Rencananya, Partai NasDem akan mengusulkan tiga capres melalui rakernas. Usulan merupakan hasil penyampaian dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem.

"Mencari aspirasi dari berbagai kalangan untuk menentukan tiga calon nama sebagai bakal calon presiden yang akan dimajukan oleh Partai NasDem," tutur dia.

Baca Juga: NasDem soal Isu Reshuffle: Siap Kurang, Tetap atau Tambah Kursi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya