Menkominfo Dinilai Tidak Etis Bela Istri Kaesang Naik Jet karena Hamil

Masih banyak perempuan hamil pakai transportasi umum

Intinya Sih...

  • Fatia Maulidiyanti kritisi pernyataan Menkominfo yang membela istri Kaesang Pangarep naik pesawat pribadi karena sedang hamil besar.
  • Sikap keluarga Jokowi dinilai mewah di tengah masyarakat yang belum mendapat keadilan, menunjukkan gaya hidup orang kaya baru.
  • Ketua Umum Projo dan Menkominfo, Budi Arie Setiadi, menyatakan penggunaan pesawat jet pribadi oleh Kaesang bukan bentuk gratifikasi karena pesawat itu pinjaman dari temannya.

Jakarta, IDN Times - Aktivis hak asasi manusia (HAM), Fatia Maulidiyanti mengkritisi pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi yang membela istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono naik pesawat jet pribadi karena sedang hamil besar. Menurutnya, pernyataan Budi Arie kurang etis.

Fatia pun meminta kepada Menkominfo untuk sesekali berkunjung ke Stasiun Manggarai saat jam padat. Di sana sangat banyak perempuan hamil yang naik transportasi umum dengan tidak nyaman. Harusnya, Menkominfo juga bisa memperjuangkan kepentingan mereka untuk mendapatkan fasilitas yang nyaman seperti Erina.

"Jadi kalau kata Pak Menkominfo itu, yang nggak penting itu orangnya, dia bilang ya kasihanlah dia trimester ketiga, ya nggak apa-apa lah naik jet pribadi. Lu main ke Manggarai hari ini sama gua nih, di rush hour lu liat orang-orang yang hamil gede gak bisa mendapatkan transportasi yang nyaman," kata dia dalam acara diskusi di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2024).

Baca Juga: TKN soal Akun Fufufafa: Mas Gibran Bilang Bukan, Ya Kita Harus Percaya

1. Sikap keluarga Jokowi seperti orang kaya baru

Menkominfo Dinilai Tidak Etis Bela Istri Kaesang Naik Jet karena HamilPresiden Jokowi dalam acara pengarahan pejabat TNI-Polri di IKN (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Fatia menilai sikap keluarga Jokowi tersebut menggambarkan gaya hidup mewah di tengah banyaknya masyarakat yang belum mendapat keadilan. Ia pun menyebut sikap keluarga Jokowi yang hidup mewah seperti orang kaya baru.

"Jadi sebetulnya ini gambaran kecil lah bagaimana mereka hidup di tengah kekayaan yang nyaman, karena jadi OKB kali ya tiba-tiba, terus ya akhirnya justru memperlihatkan mereka tidak layak untuk berada di pemerintahan berikutnya," tegasnya.

Baca Juga: Budi Arie Bungkam soal Kaesang dan Fufufafa: Nanti Saya Keceplosan

2. Menkominfo sebut jet pribadi yang dipakai Kaesang dan Erina bukan gratifikasi

Menkominfo Dinilai Tidak Etis Bela Istri Kaesang Naik Jet karena HamilMenkominfo RI Budi Arie Setiadi akui pihaknya mulai mendalami akun Fufufafa yang disorot publik. (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, Ketua Umum Projo sekaligus Menkominfo, Budi Arie Setiadi, buka suara soal penggunaan pesawat jet pribadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat berkunjung ke Amerika Serikat (AS). 

Budi Arie mengungkapkan, penggunaan pesawat jet pribadi itu tidak bisa dianggap sebagai bentuk gratifikasi. Sebab kata dia, pesawat jet pribadi itu punya teman Kaesang. 

"Lho gak bisa (dianggap gratifikasi) itu temennya kok. Sama kayak saya pinjemin kamu, temen," kata Budi Arie di Kompleks Parlemen, Jakarta, dikutip Rabu (11/9/2024).

Ia menegaskan bahwa Kaesang bukan seorang pejabat publik, sehingga penerimaan pesawat jet pribadi itu sebagai bentuk gratifikasi. 

"Bukan pejabat publik Mas Kaesang," ujar dia. 

Budi meminta supaya Kaesang tidak dikaitkan dengan dugaan tindakan gratifikasi karena pesawat yang digunakan itu merupakan pinjaman dari temannya. Kendati demikian, ia tidak merinci siapa teman Kaesang yang dimaksud. 

"Gak ada, dia kan pribadi. Nah itu dari temannya," ujar dia. 

Baca Juga: Ketua KPK Jamin Kaesang dan Bobby akan Diklarifikasi soal Jet Pribadi

3. Budi Arie bela istri Kaesang karena sedang hamil 8 bulan

Menkominfo Dinilai Tidak Etis Bela Istri Kaesang Naik Jet karena HamilTas mewah Erina Gudono. (instagram.com/erinagudono)

Terlebih lagi, kata dia, istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono sedang dalam keadaan hamil 8 bulan. Menurut dia, Erina tidak memungkinkan untuk menggunakan pesawat komersial saat hendak berangkat ke Amerika Serikat. 

"Satu, istrinya Mas Kaesang itu kan hamil sudah 8 bulan. Kan gak boleh naik angkutan umum, pesawat umum mana boleh?" tutur dia.

Baca Juga: Menkominfo: Erina sedang Hamil 8 Bulan, Tidak Boleh Naik Angkutan Umum

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya