Menjawab Gen Z, Seberapa Penting Gagasan Capres Soal Isu Lingkungan?

Tanya apapun di Gen Z Memilih

Jakarta, IDN Times - Gagasan calon presiden (capres) tentang isu lingkungan jadi salah satu yang disorot pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Generasi muda sebagai mayoritas di Pemilu 2024 juga ingin capres dan cawapres berkomitmen mengatasi masalah lingkungan.

Masalah lingkungan kerap menjadi sorotan beberapa waktu terakhir. Seperti polusi udara yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kualitas udara yang buruk mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat.

Lantas, seberapa penting isu lingkungan harus diangkat oleh capres dan cawapres?

Pertanyaan tersebut diajukan pembaca kepada redaksi IDN Times melalui platform pemilu dan politik #GenZMemilih.

Baca Juga: Gen Z Memilih, Ternyata Begini Peran Gen Z di Pemilu 2024

1. Isu lingkungan menyangkut aspek lainnya

Menjawab Gen Z, Seberapa Penting Gagasan Capres Soal Isu Lingkungan?Ilustrasi industri pabrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Akademisi dan Pengamat Komunikasi dari Citra Institute, Efriza menilai, isu lingkungan jadi masalah yang harus diselesaikan secara serius karena menyangkut aspek kehidupan masyarakat lainnya, seperti perekonomian hingga kesejahteraan masyarakat.

Efriza mengingatkan, kualitas lingkungan yang buruk bisa mengganggu kesehatan masyarakat. Akibatnya, produktivitas masyarakat terganggu dan kesejahteraannya menurun.

Di sisi lain, anggaran negara juga akan semakin besar dikeluarkan jika banyak masyarakat yang menderita penyakit.

"Artinya isu lingkungan ini banyak hal yang menyertainya. Sehingga isu lingkungan ini tidak bisa dilihat pada lingkungannya saja, tapi juga menyangkut kesehatan masyarakat, kesejahteraan, pekerjaan, UMKM, industri lainnya," kata Efriza saat dihubungi IDN Times, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga: Gen Z, Ini Tiga Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Pilih Capres

2. Para bacapres diimbau buat gagasan mengenai lingkungan sesuai realitas

Menjawab Gen Z, Seberapa Penting Gagasan Capres Soal Isu Lingkungan?ilustrasi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (IDN Times/Aditya Pratama)

Efriza mengimbau kepada para bacapres untuk membuat program yang berkaitan langsung dengan realitas masyarakat saat ini.

Program yang dibuat wajib mengedepankan hak dasar masyarakat, salah satunya mengenai kehidupan yang layak.

"Bagaimana mereka melihat soal hak dan kewajiban dari masyarakat yang perlu didapati. Itu kehidupan yang layak, juga bagaimana kesehatan dia dan nilai-nilai kesehatannya. Isu lingkungan ini semakin berbobot ketika diturunkan dalam berbagai media atau dalam berbagai aspek lainnya," tutur dia.

Baca Juga: Gen Z Memilih, Ternyata Begini Peran Gen Z di Pemilu 2024

3. Tanya apapun soal pemilu di #GenZMemilih

Menjawab Gen Z, Seberapa Penting Gagasan Capres Soal Isu Lingkungan?Ketua KPU, Hasyim Asy'ari dalam acara peluncuran microsite #GenZMemilih dan Talkshow "Milenial dan Gen Z Kunci Kemenangan di Pemilu 2024". (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

IDN Times sebagai media yang menargetkan milenial dan Gen Z, punya peran dan tanggung jawab memberikan edukasi serta literasi politik dan Pemilu 2024 kepada Gen Z dan milenial.

Apalagi, IDN Media dipercaya sudah menjadi media partner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan menandatangani MoU pada Oktober 2022.

Melalui microsite khusus dan program talkshow series Gen Z Memilih, IDN Times berupaya memberikan edukasi dan literasi, yang diharapkan bisa menjadi panduan bagi Gen Z dan milenial jelang pemilu.

Gen Z dan milenial bisa bertanya atau menjawab pertanyaan yang diajukan di microsite #GenZMemilih, seputar pemilu atau politik. Nah, menariknya, setiap pertanyaan terbaik dengan vote tertinggi akan mendapatkan hadiah berupa poin yang dapat ditukarkan dengan uang tunai ratusan ribu rupiah.

Selain microsite, IDN Times juga menggelar talkshow series #GenZMemilih setiap Rabu pukul 15.00-16.00 WIB selama Pemilu 2024, dengan menghadirkan pembicara-pembicara kompeten dan wakil Gen Z.

Buat kalian yang akan mengirimkan pertanyaan, caranya gampang banget. Berikut tata cara mengajukan pertanyaan di #GenZMemilih:

  • Buka situs IDN Times atau buka link ini https://tanyajawab.idntimes.com/
  • Pilih kanal Tanya Jawab, dan pilih fitur "Lainnya"
  • Masukan pertanyaan dan sertakan hastag #GenZMemilih.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya