Menanti Ketua Timses Ridwan Kamil-Suswono, Kalah Start?

Sahroni mundur dari Ketua Timses Ridwan Kamil-Suswono

Intinya Sih...

  • Sahroni mundur sebagai Ketua Timses RIDO kurang dari 24 jam setelah diumumkan, karena mendapat penugasan lain.
  • Sahroni mengaku diminta membantu kader internal NasDem terkait Pilkada 2024, pengganti Sahroni akan diumumkan oleh koalisi KIM Plus.

Jakarta, IDN Times - Teka-teki siapa sosok Ketua Tim Sukses (Timses) Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO) di Pilkada DKI Jakarta menimbulkan pertanyaan publik.

Pasalnya, lawan politik RIDO, Pramono Anung dan Rano Karno sudah lebih dulu matang mengumumkan struktural timses.

Di tengah tahapan Pilkada 2024 yang kian mepet, pihak RIDO justru dikagetkan dengan mundurnya politikus NasDem, Ahmad Sahroni sebagai ketua timses. Padahal Sahroni baru menyandang status sebagai ketua timses kurang dari 24 jam.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem DKI Jakarta, Wibi Andrino, mengonfirmasi bahwa Sahroni batal menjadi Ketua Timses RIDO karena mendapat penugasan lain.

"Iya, menurut penjelasan beliau karena ada penugasan lain," kata Wibi kepada IDN Times, Senin (9/9/2024).

Baca Juga: Alasan Pramono Tunjuk Cak Lontong Jadi Timses: Tak Ingin Politik Keras

1. Alasan Sahroni batal jadi ketua timses

Menanti Ketua Timses Ridwan Kamil-Suswono, Kalah Start?Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni bicara dukungan ke Anies Baswedan belum final. (IDN Times/Amir Faisol)

Sahroni sendiri mengaku, alasannya mundur dari Ketua Timses RIDO karena diminta untuk membantu kader internal NasDem terkait gelaran Pilkada 2024.

"Ya dari partai ada penugasan lain, masih urus seputar pilkada juga, tapi untuk membantu kader internal NasDem. Prinsipnya, apa pun tugas dan perintah yang diberikan ketua umum, saya ikuti," kata Sahroni dalam keterangannya.

Sahroni mengatakan, sosok pengganti Ketua Timses RIDO akan diumumkan oleh koalisi KIM Plus. Ia memastikan NasDem tetap solid bersama KIM Plus.

“Soal siapa yang akan mengemban posisi Ketua Timses Ridwan Kamil-Suswono nanti, itu sepenuhnya menjadi kewenangan elite di koalisi KIM Plus. Tapi yang jelas, NasDem akan tetap solid dengan koalisi sekarang. Tidak ada yang berubah,” ucap Sahroni.

Baca Juga: Batal Jadi Ketua Timses, Sahroni: Diminta Bantu Internal NasDem

2. Dasco umumkan Sahroni jadi Ketua Timses RIDO

Menanti Ketua Timses Ridwan Kamil-Suswono, Kalah Start?Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad sempat mengumumkan Sahroni sebagai Ketua Tim Pemenangan RIDO di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

"Gabungan Partai Koalisi KIM Plus menunjuk Ahmad Sahroni menjadi Ketua tim pemenangan Ridwan Kamil-Suswono di DKI Jakarta," ujar Dasco dalam keterangannya, Minggu (8/9/2024).

Meski demikian, Dasco saat itu belum merinci siapa saja yang masuk dalam tim pemenangan Ridwan Kamil-Suswono. Namun belum juga genap satu hari bertugas, Sahroni justru memilih mundur.

Di sisi lain, Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya tak fokus mencari timses dari kalangan publik figur.

Alih-alih mencari publik figur, pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengaku lebih mencari sosok yang bisa diterima oleh koalisi besar parpol pengusungnya. 

"Kami (mengandalkan) sosok internal saja, tidak mencari publik figur. Jadi, karena yang dibutuhkan oleh kita itu keharmonisan dan manajerialnya. Jadi, kami tidak sekedar mengandalkan kepada sosok, tetapi kemampuan manajerial," ujar Ridwan di daerah Raden Saleh, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2024). 

Baca Juga: Muncul Penolakan Ridwan Kamil di Jakarta, JK: Itulah Pilkada

3. Pramono-Rano colong start lebih dulu umumkan struktural timses

Menanti Ketua Timses Ridwan Kamil-Suswono, Kalah Start?Pramono Anung dan Rano Karno dalam acara bincang-bincang bersama awak media di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/9/2024).

Sementara, Pramono Anung-Rano Karno lebih dulu membentuk struktur tim sukses pemenangan dalam Pilkada 2024. Komedian dan figur publik Lies Hartono alias Cak Lontong didapuk jadi ketuanya.

Selain itu, ada pula artis Once Mekel yang juga kader PDIP. Ia didapuk menjadi Wakil Ketua.

Selain Once, dua lawan main Rano Karno dalam sinetron Si Doel, yakni Cornelia Agatha juga menjadi Wakil Ketua.

Pengumuman daftar nama tim pemenangan dilakukan di kediaman Sutiyoso mantan Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007, Jatisampurna, Kota Bekasi, Kamis (5/9/2024).

Baca Juga: Gagal Nyalon Pilgub DKI, Anies Janji Tetap Terjun di Gerakan Politik

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya