Maju Pilkada NTB, Lalu Iqbal Terima Surat Tugas dari Demokrat

PAN juga sudah beri lampu hijau untuk Lalu Iqbal

Intinya Sih...

  • DPP Partai Demokrat menugaskan Lalu Iqbal maju sebagai Calon Gubernur NTB.
  • Iqbal diminta mencari mitra koalisi dan calon wakil gubernur, serta melaporkan hasil survei dan koalisi partai politik.
  • Ketua DPD Partai Demokrat NTB akan mengawal surat tugas tersebut untuk membantu Iqbal dalam komunikasi politik dengan partai pengusung lainnya.

Jakarta, IDN Times - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat menyerahkan surat tugas kepada Lalu Muhamad Iqbal untuk maju sebagai bakal Calon Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Mantan Dubes Turki itu diminta segera mencari mitra koalisi dan calon wakil gubernur. 

"Untuk selanjutnya melaporkan hasil survei lanjutan dan koalisi partai politik yang didapati," kata Sekretaris Majelis Tinggi Partai, Andi Malarangeng di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Baca Juga: Pimpinan Majelis PPP Sepakat Muktamar 2025, Minta Kader Fokus Pilkada

1. Demokrat akan bantu Lalu Iqbal berkomunikasi dengan parpol lain

Maju Pilkada NTB, Lalu Iqbal Terima Surat Tugas dari DemokratJuru bicara Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhamad Iqbal. (IDN Times/Santi Dewi)

Dalam pelaksanannya, kata Andi, DPP Partai Demokrat akan melaksanakan monitoring dan evaluasi berdasarkan hasil laporan dan survei terkini.

"Surat tugas diberikan untuk mencari pasangan, mitra koalisi dan lainnya, " sambung pria yang juga Ketua Satgas Pilgub DPP Partai Demokrat ini. 

Dalam kesempatan itu, Ketua DPD Partai Demokrat NTB, Indra Jaya Usman, mengatakan, jajarannya akan mengawal surat tugas dari DPP tersebut untuk membantu Lalu Iqbal dalam komunikasi politik dengan partai pengusung lainnya.

"Kita akan kawal perintah dan arahan DPP ini," kata Indra.

Baca Juga: Soal Duet dengan Ridwan Kamil, Anies: Proses Ngalir Tunggu Waktunya

2. Demokrat nilai Lalu Iqbal sesuai kriteria

Maju Pilkada NTB, Lalu Iqbal Terima Surat Tugas dari DemokratJuru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal. (IDN Times/Sonya Michaella)

Pria yang akrab disapa IJU ini melanjutkan, sesuai yang disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, pilihan partai akan jatuh pada sosok terbaik. Ia menilai Lalu Iqbal masuk dalam kategori itu. 

"Beliau (Lalu Iqbal) rekam jejaknya jelas, cerdas, punya pengalaman panjang sebagai diplomat, dan jaringan luar negerinya bagus," kata Iqbal. 

Lebih lanjut, Provinsi NTB memiliki potensi besar dikenal luas di kancah dunia setelah hadirnya Sirkuit Mandalika, destinasi pariwisata unggulan, hingga pengembangan kawasan perikanan. 

"Saya sudah pernah diskusi dengan Mas Iqbal, dan banyak ide besarnya untuk NTB," tegas Iqbal.

Baca Juga: Dasco Gerindra: Yang Mau Maju Pilkada Jakarta Kan Ridwan Kamil

3. Lalu Iqbal harus gaet dukungan dari parpol lain untuk bisa maju

Maju Pilkada NTB, Lalu Iqbal Terima Surat Tugas dari DemokratIlustrasi calon kepala daerah jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Diketahui, Lalu Iqbal sebelumnya telah mendapat dukungan dari PAN. Partai Gerindra pun digadang akan memberikan dukungan pada Stafsus Menteri Luar Negeri ini.

Agar bisa maju Pilgub NTB dibutuhkan dukungan 13 kursi. Partai Demokrat memiliki 6 kursi, PAN 4 kursi, dan Partai Gerindra 10 kursi.

Baca Juga: PDI Perjuangan Segera Umumkan Calon Bupati dan Wakil di Muba

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya