Latar Belakang Erick Thohir Potensial Gaet Pemilih Muda di 2024

Anak muda cenderung tertarik dengan sosok pengusaha

Jakarta, IDN Times - Latar bekalangan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai pengusaha, dinilai bisa gaet dukungan dari kalangan anak muda pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Erick Thohir jadi salah satu figur yang dinilai potensial sebagai calon wakil presiden (cawapres). Dia didorong oleh PAN sebagai cawapres.

1. Pemilu muda dinilai cenderung tertarik dengan pengusaha

Latar Belakang Erick Thohir Potensial Gaet Pemilih Muda di 2024ilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menilai, tingginya animo dari kalangan milenial terhadap Erick Thohir karena rekam jejak yang dimilikinya.

Menurut dia, pemilih muda dekat dan cenderung tertarik dengan sosok pengusaha karna insipiratif.

“Erick Thohir disukai oleh anak muda kan, namanya juga pengusaha. Pengusaha itu banyak disukai anak muda,” ujar dia dalam keterangannya, Jumat (4/8/2023).

Baca Juga: Pemilu 2024, Erick Thohir Dinilai Ideal Duet dengan Prabowo Subianto

2. Citra Erick Thohir positif di kalangan anak muda

Latar Belakang Erick Thohir Potensial Gaet Pemilih Muda di 2024ilustrasi gen z dan milennial (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain itu, kata Ujang, figur Erick Thohir banyak digandrungi pemilih muda lantaran citranya sebagai pemimpin yang sukses.


“Saya sih melihatnya Erick sudah jalan dan sudah gaspol,” kata dia.

3. Erick Thohir dipertimbangkan oleh pemilih muda

Latar Belakang Erick Thohir Potensial Gaet Pemilih Muda di 2024Ilustrasi. Mahasiswa Gen Z menghadiri acara IDN Times (IDN Times/Aryodamar)

Sebagaimana diketahui, hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 20 hingga 24 Juni 2023, sosok Erick Thohir menjadi favorit di kalangan anak muda. Dia berhasil mendapat raihan angka persentase elektabilitas yang tinggi.


Erick Thohir berhasil meraup suara sebesar 30,0 persen dari kalangan anak muda dengan rentang usia kurang dari 26 tahun. Sedangkan sebanyak 24,7 persen anak muda dari kalangan milenial menjatuhkan pilihan pada Ketua Umum PSSI itu.

Pencapaian itu kian menggambarkan dukungan besar dari kalangan milenial. Sehingga semakin menjadikannya figur cawapres potensial pada pilpres mendatang.

Sebelum tiga tahun memimpin BUMN, Erick Thohir telah berhasil mengisi berbagai pucuk pimpinan bidang usaha di berbagai sektor. Mulai dari media, hiburan, hingga kini di sepak bola. Erick Thohir memiliki rekam jejak kepemimpinan internasional dengan menjadi pemilik klub basket NBA Philadelphia 76ers. Serta pemilik DC United Amerika Serikat dan pernah menjadi Presiden Inter Milan di Italia.

“Artinya (Erick Thohir) tinggi di kalangan muda untuk menjadi cawapres,” tutur Ujang.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya